Published On: Kam, Apr 6th, 2017
                            

Wako Tanjungpinang Lakukan Aksi Nyata Peduli Lingkungan

Wako tanjungpinang aksi lingkunga.jpg.jpeg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

‚ÄčTanjungpinang, KepriDays.com – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2017, Dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Sei Jang Duriangkang, TNI, LSM, serta pelajar melakukan kegiatan bersih-bersih sampah dan penanaman pohon.

Peringatan tersebut menjadi momentum bagi Kota Tanjungpinang dalam mewujudkan upayanya menjadi kota bebas sampah pada 2020. Peringatan ini dilangsungkan di SMP Negeri 16 Tanjungpinang, Kamis (6/4).

Penanaman pohon diawali oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah diikuti pimpinan FKPD, OPD, serta kepala BPDASHL, serta pelajar.

Dalam penyampaiannya, Lis Darmansyah mengatakan, penanganan sampah dengan mengolahnya hendaknya dimulai dari rumah sendiri, ini cara efektif mengatasi persoalan sampah yang selalu seiring pertumbuhan penduduk.

“Peran serta masyarakat merupakan kunci keberhasilan pengelolaan sampah,” ujar Lis seraya menimpali pertanyaan kepada pelajar untuk menjadi duta sampah. 

Sedangkan kesadaran kebersihan, kata Lis, harus ditanamkan kepada anak-anak. Kedepan dirinya minta setiap sekolah-sekolah harus ada duta sampah.

“Tugas mereka nanti mensosialisasikan bagaimana cara pengelolaan sampah, tidak membuang sampah disembarang tempat. Ananda nanti bisa ingatkan orang tua untuk memilah dan memilih sampah di rumah, paling tidak ada tempat sampah di rumah,” seru Lis.

Selain itu, Lis menjelaskan, sistem pengolahan sampah di Tanjungpinang masih menggunakan konsep tradisional. Sistem ini masih terus digunakan, karena masyarakat belum mengetahui cara pengelolaan sampah dengan baik, sehingga terjadi penumpukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ganet.

“Dari data yang tercatat di tahun 2016, 61.326,04 ton timbulan sampah baru 24.890,17 ton yang terangkut ke TPA. Jumlah timbulan sampah akan terus bertambah dengan pertambahan jumlah penduduk di Kota Tanjungpinang. Untuk itu penanganan masalah sampah perlu dikelola secara baik dan penuh tanggungjawab,” kata Lis.

Sementara momentum ini, Lis mengingatkan, jangan hanya sekadar seremonial saja, tetapi penting untuk melakukan aksi nyata menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Mari peduli lingkungan secara nyata, lakukan aksi nyata terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan dan pengelolaan sampah di rumah,” ajaknya. (RNN)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>