Published On: Jum, Okt 30th, 2015
                            

TPID, Sekdako Tanjungpinang Bahas Stok Beras

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Dalam memimpin rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tanjungpinang, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang Riono membahas stok penyedian bahan pangan, beras serta kebutuhan lainnya, Jum’at (30/10) siang di Ruang Rapat Lantai II Kantor Wali Kota Tanjungpinang Senggarang.

Sebab, Riono selaku Ketua TPID Kota Tanjungpinang harus memastikan pengendalian inflasi didaerah dan mengontrol rendah dan stabilnya.

”Melalui rapat koordinasi ini, kita bisa bersama-sama mengontrol harga serta ketersediaan kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat. Dengan begitu kita bisa mengantisipasi sedini mungkin terjadinya inflasi didaerah Tanjungpinang,” ungkap Riono.

Kemudian, Riono melanjutkan, untuk seluruh stakeholder terkait agar segera melakukan action setelah rapat ini, seperti, melaksanakan program sentuh air, sentuh tanah. Hal ini tentunya akan mendukung swasembada pangan, terutama pada sayur-sayuran.

“Kita bisa memanfaatkan lahan rumah tangga di 18 Kelurahan yang ada. Jadi setiap Kelurahan nantinya akan melakukan penanaman, misalnya Kelurahan Tanjungpinang Barat menanam tomat dan Kelurahan Tanjungpinang Kota menanam Cabe. Jadi stok pangan kita cukup, tidak perlu takut kekurangan dan terjadi kenaikan harga,” ujarnya.

Sementara dari data yang disampaikan Kepala Bulog Tanjungpinang, Edi Hanif, stok bahan pokok terutama beras dalam kondisi aman untuk tiga bulan ke depan di Kota Tanjungpinang.

“Stok Beras Bulog ada 800 ton, dengan persediaan ini stok beras untuk tiga bulan kedepan aman,“ ujarnya.

Sedangkan dari keterangan perwakilan Bank Indonesia, Viktor Arya Bekti Harbowo, menyampaikan, pihaknya telah melakukan progress eksekusi rekomendasi rapat pada bulan September yang lalu, diantaranya mengurangi ketergantungan pasokan khususnya bahan makanan dari daerah luar dengan memperkuat ketahanan pangan lokal.

“Kami juga sudah meningkatkan infrastruktur konektivitas, pemetaan surplus defisit pangan serta mempersiapkan langkah mitigasi risiko melambungnya harga saat musim angin utara. Untuk itu kami memberikan usulan rekomendasi rapat TPID bulan Oktober ini, seperti perlunya meningkatkan koordinasi dalam menghadapi tekanan inflasi selama 3 bulan kedepan,” ungkapnya. (CR14)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>