Published On: Rab, Feb 11th, 2015
                            

Tiga Waduk Hasilkan 400 Liter/Detik Air di Kepri

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Sebanyak 3 waduk air bersih, yakni, waduk Sei Gesek, waduk Sei Pulai dan waduk Kolong Enam Kijang, bisa menghasilkan 400 liter/detik air didaerah Bintan-Tanjungpinang Kepulauan Riau (Kepri).

Hal ini diungkapkan Gubernur Provinsi Kepri, HM. Sani, saat meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di embung waduk Sei Gesek, Rabu (11/02) siang kepada KepriDays.com.

“Semula kapasitas air waduk Gesek hanya 50 liter/detik, sekarang menjadi 100 liter/detik. Waduk Sei Pulai mampu menampung debit maksimal 250 liter/detik dan waduk di Kolong Enam Kijang 50 liter/detik. Jadi kapasitas air maksimal total 400 liter/detik,” ucapnya.

Selain air, lanjut Sani, Duo HMS juga memperhatikan persoalan mendasar lain, seperti listrik dan konektiviti. Namun kebutuhan air adalah kebutuhan mendasar masyarakat Kepri, tentunya masih belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan saat ini.

“Oleh sebab itu kami terus berupaya menambah kantung-kantung air lainnya. Termasuk merancang pembangunan waduk di Kawal dan Busung, serta memperhatikan hal lainnya seperti listrik,” ungkapnya.

Sani pun memperkirakan, 10 atau 12 tahun kedepan, masyarakat Provinsi Kepri khususnya di Pulau Bintan tidak akan kesusahan air bersih lagi.

“Insya Allah 10 atau 12 tahun kedepan, Bintan dan Kepri umumya tidak lagi kesulitan air. Sekarang saja semuanya berjalan dengan lancar dan sudah bisa menghasilkan 400 liter/detik. Ini patut kita syukuri bersama,” ujarnya.

Akan hal tersebut, Sani mengucapkan terimakasih kepada Dirjen PU yang telah berupaya membantu permasalah air melalui pembangunan waduk di Kepri.

“Terimakasih kepada Dirjen PU yang sejauh ini serius menanggapi apa yang di cita-citakan Pemerintah Provinsi Kepri, agar memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan air bersih,” ucapnya. (ADO)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>