Published On: Ming, Apr 26th, 2015
                            

Tertawa dan Menangis Cukup 5 Menit

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Oleh:
Dian Fadillah, S. Sos
Pemerhati Jalan-Jalan
Leader of TBM Difadil Tanjungpinang

Allah SWT menciptakan manusia dan makhluk beserta alam semesta. Semuanya itu dijadikan Yang Maha Kuasa dengan tujuan untuk mengabdi kepada-Nya. Allah menciptakan manusia diperuntukkan menjadi simbiosis dengan alam dan Alampun juga diupayakan dapat melengkapi kehidupan manusia.

Kehidupan yang memiliki makna keserbaserbian yang diikuti dengan tawa dan tangis. Tawa dan tangis datang silih berganti. Banyak dari kita manusia pada saat bahagia maka akan tertawa sampai lupa dan mengabaikan lingkungan, apalagi waktu begitu juga sebaliknya pada saat manusia sedang sedih, maka melupakan sandaran hidup sebagai manusia yang diciptakan khalik-Nya.

Tertawalah dan menangislah tapi jangan lama-lama. Tertawa dan menangis itu memang merupakan hal ikhwal kehidupan yang silih berganti. Berdasarkan literature buku Halito Halili Karangan Mellyana Anggraini dikutip, apabila kita tertawa maka itu akan membuat sehat, begitu waktu menangis akan tetapi dengan jedah waktu temporary saja jangan terlalu lama karena akan mempunyai side effect yang kurang baik untuk kesehatan.

Tertawa dan menangis mempunyai manfaat dan mudarat tentunya, akan tetapi kita lebih memprioritaskan untuk mengkaji manfaatnya saja. Apabila dilihat dari manfaat tertawa dan menangis berdasarkan kesehatan adalah bahwa:

1. Bisa membuat lebih baik dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan aliran darah, kepercayaan diri dan membantu membakar kalori.

3. Membuat awet muda.

Sedangkan bila kita melihat manfaat menangis yaitu Membantu Penglihatan Mata, Membunuh Bakteri dan Mengeluarkan Racun, serta dapat Meningkatkan mood dan Mengurangi Stres. Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90 – 95 % bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

Seorang ahli Biokimia yaitu William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional jiwa ternyata kuat mengandung racun. (Tapi jangan salah paham, racun yang keluar itu adalah racun dari dalam tubuh untuk kebaikan badan yang kebetulan dikeluarkan melalui mata).

Seseorang yang menangis bisa menurunkan Depretion Level karena dengan menangis maka mood akan membaik. Air mata yang dihasilkan akibat tangisan yang dilakukan dengan emosi diyakini mengandung 24 % protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

Sementara air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi, dan ada begitu banyak manfaat air mata, tapi jangan jadikan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan kesehatan, karena menangis sangat identik dengan suasana hati, dan mood yang sedang tidak baik.

Jika ingin menangis maka itu juga adalah sebuah keuntungan bagi mata, jadi menangislah. Lakukan tertawa dan menangis pada saatnya, tapi cukup 5 menit jangan berlebihan. Salam Sehat untuk kita semua.***

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>