Published On: Rab, Apr 26th, 2017
                            

Ternyata Lingga Miliki Tepung Sagu Berkualitas

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lingga, KepriDays.com – Melalui sistem pengolahan yang teruji dan higienis, salah satu pabrik Sagu di Dusun Seranggung, Kelurahan Lingga mampu memproduksi Tepung Sagu 12 ton perbulan.

Bahkan Tepung Sagu tersebut merupakan Tepung Sagu kualitas terbaik yang siap bersaing dengan mutu bagus.

Hal ini diketahui ketika KepriDays.com melakukan penelusuran di lapangan. Melalui berbagai renovasi, pabrik sagu tersebut masih bertahan dan mampu memproduksi Tepung Sagu hingga sekarang.

Sedangkan Sagu yang diolah secara manual di pabrik tersebut, diproduksi dengan pengolahan yang sederhana. Serta, pabrik tersebut menampung sejumlah produk Sagu Basah dari sejumlah petani sagu yang ada di Lingga.

Menariknya lagi, Tepung Sagu kering kualitas terbaik tersebut sudah dikemas dengan baik serta memiliki merek tersendiri yakni Tepung Sagu Lingga.

Salah seorang pekerja buruh di pabrik itu, Arzan mengatakan, dirinya sudah bekerja lebih kurang dua tahun lebih, sehingga ia cukup tahu dengan seluk beluk proses produksi Sagu Basah menjadi Sagu Kering atau Tepung Sagu.

“Pengolahannya mudah. Toke yang punya ini menampung sagu basah yang berasal dari Nerekeh, Musai, bahkan dari tempat lain. Kemudian diolah lagi menjadi sagu kering,” ujarnya, Rabu (26/04).

Kemudian dituturkan ayah empat orang anak ini, ia cukup menyukai pekerjaannya. Dengan bekerja sagu ia mampu menghidupi keluarganya, bahkan menyekolahkan anaknya.

Ia mulai bekerja dari pukul 07.00 WIB. Mulai dari proses penghidupan api di tungku, kemudian menjemur sagu basah yang bakal dikeringkan.

“Setelah dijemur di dataran yang tungkunya, lalu sesekali di bolak-bolik. Namun api tungkunya harus tetap hidup,” imbuhnya.

Sementara untuk harga Sagu Kering bersih di pabrik sagu ini, kata Arzan, cukup terjangkau yakni Rp. 5000 per kilogramnya. Untuk satu karung kemasan Tepung Sagu itu berat bersihnya 30 kilogram. (RUZI)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>