Published On: Sen, Apr 27th, 2015
                            

Terkait Begal, Mantan Wali Kota Angkat Bicara

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Terkait maraknya aksi begal di Kota Tanjungpinang yang resahkan masyarakat khususnya kaum perempuan, membuat mantan Wali Kota Tanjungpinang periode 2007-2012, Suryatati Amanan yang mewakili kaum perempuan angkat bicara saat Coffee Morning bersama Polisi Resor (Polres) Kota Tanjungpinang, Sabtu (25/04) pagi kemarin di Pondok Santai Jalan R.H Fisabilillah KM. 8 Tanjungpinang.

Tatik sapaan akrab mantan Wali Kota Tanjungpinang tersebut mengatakan, kaum perempuan di Tanjungpinang saat ini merasa ketakutan untuk keluar terutama pada malam hari, dan di jalan-jalan yang sepi. Sebab, kata dia, telah banyak terjadi kasus begal yang mengincar kaum perempuan ketika sendirian mengendarai sepeda motor.

“Untuk itu saya meminta kepada Polres Tanjungpinang agar menciptakan suasana yang aman di Kota Tanjungpinang. Saya hanya ingin menyampaikan suara rakyat terutama kaum perempuan, sekarangkan banyak jambret dan incarannya kaum perempuan. Maka dari itu para wanita menginginkan rasa aman kembali di Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Kota Tanjungpinang, AKBP. M. Dwita Kumu Wardana mengatakan, dalam tindakan kejahatan begal, masyarakatlah yang menjadi kontrol sosial agar hal ini tidak terjadi. Jadi untuk menghilangkan tindakan kejahatan tersebut, polisi jelas perlu dukungan dari masyarakat.

“Untuk tindak kejahatan, polisi bukan segala-galanya tanpa dukungan masyarakat. Jadi cara mengantisipasi begal adalah buat penjahat tidak memiliki niat untuk melakukannya, karena kejahatan terjadi karena ada kesempatan,” ujarnya.

Selain itu, Dwita menjelaskan, kenapa kejahatan terjadi karena ada kesempatan, yakni, seperti kasus kehilangan sepeda motor beberapa waktu lalu, kronologisnya motor tersebut ditinggalkan depan rumah namun pemilik motor lupa membawa kunci motornya.

“Karena masih ada kunci motor yang masih melengket di motor, membuat timbul niat pelaku kejahatan untuk mencuri motor. Untuk itu saya kembali mengingatkan, agar masyarakat selalu waspada dan jangan timbulkan niat pelaku kejahatan,” ucapnya. (ADO)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>