Published On: Jum, Agu 8th, 2014
                            

Syahrul Buka Diskusi GIZ

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul membuka secara resmi kegiatan forum diskusi group Gesellschaft Fur Internationale Xusammenarbeit (GIZ) atau Lembaga Bantuan dan Kerjasama Pemerintah Jerman yang di fasilitasi oleh Bappeda Kota Tanjungpinang, Jum’at (8/8) di Balroom Hotel Pelangi, Kota Tanjungpinang.

Dalam penyampaiannya, Syahrul memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas komitmen dan sinerginya dalam perubahan pembangunan Kota Gurindam. Disamping itu juga, peran dari beberapa SKPD yang terlibat langsung dalam kegiatan ini akan berdampak pada sesuatu perubahan pembangunan yang baru di Kota Tanjungpinang ini.

“Program dari Giz ini sangat bermanfaat bagi pengelolaan sumber daya perkotaan yang mencakup pengelolaan limbah sampah menjadi energi yang bermanfaat. Untuk itu, saya berharap kepada stakeholder terkait dapat bersinergi dan berkomitmen untuk menciptakan suatu invovasi baru yang dapat kita lakukan bersama untuk pembangunan Kota Tanjungpinang yang kita cintai ini,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bappeda Kota Tanjungpinang, Hamalis menjelaskan, proyek Urban Nexus merupakan proyek yang dilaksanakan GIZ dengan didanai oleh Kementrian Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman (GMZ). “Sasaran dari program tersebut adalah proyek kota-kota terpilih di China, Indonesia, Mongolia, Filipina, Thailand termasuk Vietnam,” ujarnya.

Selain itu, Hamalis mengatakan, Kota Tanjungpinang menjadi salah satu Kota terpilih dari Urban Nexus GIZ dalam pembangunan insfrastruktur dan sumberdaya yang terintegritas. “Seperti dalam pengelolaan limbah padat dan air limbah (red, TPA dan IPAL Komunal), penyediaan air baku, pengelolaan energi, ketahanan pangan dan pengembangan kawasan eks tambang menjadi kawasan produktif,” katanya.

Kemudian, Hamalis menambahkan, pada tanggal 25-27 Juni 2014 yang lalu, Bappeda Kota Tanjungpinang telah menghadiri Regional Nexus Workshop di Danang Vietnam. “Dalam workshop tersebut proyek Urban Nexus yang diusulkan di Kota Tanjungpinang adalah bimtek dalam pembangunan instalasi pipa gas metan dan penggunaan biogas untuk energi di TPA Ganet,” ungkapnya.

Untuk itu, ada beberapa tambahan untuk perencanaan pembangunan lainnya kedepan, kata Hamalis, diantaranya seperti pembangunan IPLT, peningkatan sanitasi komunal pada wilayah pesisir serta pengoperasian SPAM-SWRO yang hemat energi.

“Oleh karena itu diskusi yang dilaksanakan pada hari ini adalah untuk menyusun langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk pelaksanaan kegiatan ini kedepan,” ujarnya.

Sementara itu, Director Nexus Project, Mrs. Ruth Erlbeck mengatakan, Pemko Tanjungpinang telah menunjukan komitmen yang baik untuk bekerjasama dengan pihaknya. “Oleh sebab itu saya mengharapkan kami dapat bekerjasama untuk menjalankan program ini nanti,” harapnya. (ERA)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            
Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Dheavy berkata:

    trims atas infonya..hee

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>