Published On: Jum, Feb 6th, 2015
                            

PWI Ungkap Pemberlakuan Wartawan Sertifikasi Tidak Mudah

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Organisasi jurnalis Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengungkapkan, untuk pemberlakukan wartawan sertifikasi yang bekerja di Perusahaan Pers Provinsi Kepri tidak mudah.

Pasalnya sertifikasi wartawan untuk meliput masih jauh, sebab tidak semua organisasi wartawan dapat melakukan Uji Komptensi Wartawan (UKW) di Provinsi Kepri, seperti PWI dan AJI, serta tidak bisa begitu cepat karena memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

Bahkan, kata Ketua Umum PWI Kepri, Margiono, pemberlakuan wartawan bersertifikasi bisa ditetapkan dua tahun mendatang atau bisa lebih.

“Untuk pemberlakuan wartawan bersertifikasi 2 tahun mendatang bahkan bisa lebih, karena kami lakukannya secara bertahap-tahap walaupun Dewan Pers sudah memberlakukan hal itu,” ucapnya, Jum’at (06/02) kepada KepriDays.com.

Magiono pun mengakui, bahwa jika diberlakukan saat ini wartawan yang bersertifikasi, pihaknya belum mampu melakukan sertifikasi semua wartawan yang ada di perusahaan pers.

“Kalau diberlakukan sekarang, kami belum mampu sertifikasikan keseluruhan wartawan. PWI sendiri baru 1/3 anggotanya yang bersertifikasi, yakni, sekitar 6.500 dari 17 ribu anggota. Tentunya kami juga melakukan sertifikasi anggota bertahap untuk mengikuti UKW yang tiap tahun diadakan dari anggota PWI 50 persen dan non PWI 50 persen,” ujarnya.

Karena dibatasi dengan kemampuan serta anggaran, lanjut Margiono, sertifikasi juga tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda), maka masih jauh untuk memberlakukan sertifikasi wartawan di perusahaan pers.

“UKW tidak bisa diadakan Pemda, tetapi dari PWI bisa dan dari perguruan tinggi bisa. Namun kalau dari perguruan tinggi tetap harus menghadirkan Dewan Pers saat sertifikasinya,” kata dia.

Untuk itu, Margiono berpesan, kepada intansi perusahaan pers harus mulai jeli untuk menerima wartawan yang bersertifikasi, guna untuk peliputan dan kepentingan kinerja perusahaannya.

“Menjadi wartawan profesional tentunya memerlukan sertifikasi, karena itu bentuk pertanggungjawabannya,” ungkap dia. (ADO)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>