Published On: Sel, Feb 17th, 2015
                            

Politik dan Bisnis

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Oleh:
Rian Pratama
Pemimpin Perusahaan www.KepriDays.com

Politik dan bisnis sangatlah erat kaitannya, bahkan keduanya seperti lobi dan upeti antara penguasa dan pengusaha. Dimana secara sederhana politik merupakan upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki, sedangkan bisnis lebih kepada memperhitungkan untung dan rugi.

Suhu politik yang mulai terasa jelang berakhirnya masa kepemimpinan kepala daerah, memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perjalanan suatu bisnis bagi para pengusaha di Kepulauaan Riau (Kepri).

Kekhawatiran akan mengahadapi ketidakstabilan dalam bisnis pasca pemilihan Calon Gubernur Kepri mendatang, mengharuskan seorang pengusaha untuk jeli membaca dan mengikuti situasi politik yang berkembang.

Kendati demikian politik dalam berbisnis terkadang bisa saling berdampingan atau malah berlawanan. Jika situasi politik mendukung, maka bisnis secara umum akan berjalan dengan lancar. Layaknya hal dari segi pasar saham, situasi politik yang kondusif akan membuat harga saham naik.

Begitu sebaliknya, jika situasi politik tidak menentu, maka akan menimbulkan unsur ketidakpastian dalam bisnis. Sejatinya dalam perjalanan bisnis memiliki kepekaan dan pengetahuan tentang situasi politik yang sedang terjadi sangatlah penting.

Sebab untuk membaca dan memprediksi perkembangan bisnis dalam jangka panjang, serta guna mempersiapkan strategi bisnis yang tepat dan terbaik dalam menghadapi ketidakpastian bisnis kedepan. Pengusaha perlu melakukan pendekatan politik untuk memajukan bisnisnya.

Akibatnya yang terjadi antara politik dan bisnis sah-sah saja di mata masyarakat umum. Asal jangan politik yang dijadikan bisnis dalam artian mengejar kekuasaan untuk kepentingan pribadi semata.

Makna bisnis sebenarnya lebih lumrah dibandingkan dengan politik. Jika seorang berbisnis dan berpolitik untuk memperhitungkan untung-rugi, maka berpolitik sambil berbisnis lebih ke kepuasan semata.

Sementara saat ini tidak dipungkiri lagi, bahwa dalam kanca tahun politik yang terjadi di Provinsi Kepri, membuat para pengusaha dan penguasa mencari kawan maupun lawan. Ya kita tau, bisnis harus jalan dan politik harus menang.

Setidaknya mereka menunggu waktu yang tepat melancarkan serangan ke kubu-kubu lawan. Namun tetap saja masyarakat Kepri belum melihat persaingan atau bisa juga disebut debut akhir tahun, sehingga tetap berujung kepada Kekayaan, Kemasyuran dan Kemenangan. Politik dan Bisnis, siapa yang bakal meraihnya?***

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>