Published On: Rab, Mei 7th, 2014
                            

Pemohon ‘Pasport’ Bulan April Meningkat Drastis

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Para Pemohon pembuatan Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) atau ‘Pasport’ di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tanjungpinang, meningkat drastis pada bulan April 2014.

Ada sebanyak 1.544 orang yang telah memohon untuk pembuatan SPRI di bulan tersebut. Hal ini berbanding jauh dengan data pemohon SPRI yang terjadi di bulan Maret 2014 kemarin, hanya ada 1.333 orang yang memohon.

“Meningkatnya sangat jauh, sekitar 200 orang pemohon di bulan April. Ini terlihat berhasilnya sosialisasi yang dilakukan Imigrasi dalam tata cara pembuatan pasport untuk masyarakat. Ternyata masyarakat sudah menyadari, pembuatan pasport itu cukup mudah dan tidak sulit,” ucap Kepala Sub Seksi (Kasusi) Pelayanan Lalu Lintas, Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tanjungpinang, Yanto Ardiyanto, Rabu (7/5).

Selain itu, Yanto menjelaskan, pihaknya juga tidak ada kendala dalam menghadapi pemohon yang semakin meningkat drastis tersebut. Karena semakin meningkat malah semakin semangat untuk melayani masyarakat yang memohon ‘Pasport’ diwilayah kerja Kantor Imgrasi Kelas I Kota Tanjungpinang.

“Untuk kendala serius memang tidak ada. Cuman yang membuat keterlambatan terbitnya pasport di kendala persyaratan pemohon saja yang masih belum lengkap, dan juga kendala sistem yang sedikit sering gangguan,” ucapnya.

Sementara, untuk biaya SPRI sendiri, kata Yanto, masih Rp. 255 Ribu dan belum ada kebijakan kenaikan harga dari Kantor Pusat. Namun, terkait masalah ada biaya administrasi dari Bank Negara Indonesia (BNI) yang wajib membayar Rp. 5 Ribu itu merupakan kebijakan dari Bank tersebut, bukan dari pihak Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tanjungpinang yang mewajibkan.

“Biaya administrasi dari BNI memang bukan kebijakan kami dan bukan kami juga yang mematok masyarakat harus membayar nominal segitu,” katanya.

Akan hal tersebut, Yanto berharap, peningkatan pemohonan SPRI ini terus berlangsung secara berkelanjutan. Sebab dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan mudahnya mengurus sendiri pembuatan SPRI, bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dengan menggunakan Biro Jasa.

“Mudah-mudah masyarakat yang masih menggunakan layanan Biro Jasa bisa datang sendiri untuk membuat Pasport. Karena tidak semahal dan serumit yang sering dibayangkan,” ungkapnya. (RNN)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>