Published On: Sen, Apr 20th, 2015
                            

Menpan-RB Minta PPATK Tingkatkan Pencegahan Penyalahgunaan Keuangan Negara

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Jakarta, KepriDays.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia, Yuddy Chrisnandi meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaski Keuangan (PPATK), untuk meningkatkan pencegahan penyalahgunaan keuangan negara sehingga potensi keuangan bisa dioptimalkan untuk pembangunan.

“Dengan pencanangan zona integritas ini, saya berharap PPATK terus mempertahankan dan membangun intergritas sehingga terwujud lingkungan yang bebas korupsi,” katanya, Senin (20/04) siang dalam acara pencanangan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) PPATK di Jakarta.

Selain itu, Yuddy melanjutkan, dalam menghadapi era globalisasi, siapapun harus selalu siap menghadapi tantangan-tantangan yang muncul, karena apa yang terjadi dalam konteks global akan sangat berpengaruh pada perekonomian Indonesia.

“Kita harus memiliki fundamental ekonomi yang kuat dan instrumen pembangunan nasional yang mampu memastikan, bahwa goncangan global tidak akan mempengaruhi secara signifikan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Sebab menurut Yuddy, ada tiga komponen modal pembangunan yang harus dipertimbangkan, yakni, masalah hutang, produktivitas mesin-mesin nasional pertumbuhan ekonomi dan penghematan.

“Apakah kita harus terus berhutang pada donor untuk meningkatkan pembangunan?,” ucapnya. “Kalau tidak ingin berhutang terus, Indonesia harus berpikir bagaimana meningkatkan produktivitas mesin-mesin nasional pertumbuhan ekonomi, karena itu kegiatan industri harus terus digerakkan dan penguatan investasi juga terus dilakukan,” tuturnya.

Dari hal ini juga, masih kata Yuddy, diperlukan komponen ketiga, yakni, penghematan. Dalam hal ini, Kemenpan-RB telah menerbitkan sejumlah kebijakan terkait dengan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam gerakan penghematan nasional.

“Karena itu, saya mengajak seluruh instansi pemerintah untuk terus melakukan penghematan, sehingga pengeluaran keuangan negara yang tidak perlu, bisa dimaksimalkan untuk membiayai pembangunan berbagai kepentingan rakyat,” ungkapnya. (ARZ)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>