Published On: Sel, Nov 10th, 2015
                            

Kepri Gagal Ajukan Nama Pahlawan Nasional

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Pada tahun 2015 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) melalui Dinas Sosial (Dinsos), telah gagal mengajukan nama pahlawan nasional yang berasal dari Lingga yakni Sultan Mahmud Riyayatsyah sebagai pahlawan nasional.

Menurut Kepala Dinsos Kepri, Edi Rofiano, kegagalan pengajuan nama pahlawan tersebut ke Kementerian Sosial Republik Indonesia, disebabkan kurang terencana saat proses pengajuannya.

“Kementerian sosial menilai data yang dibutuhkan untuk menjadikan Sultan Mahmud Riyayatayah pahlawan nasional kurang detail, sehingga pengajuan itu batal,” ucap Edi kepada sejumlah wartawan usai ziarah nasional, Senin (09/11) kemarin di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Tanjungpinang.

Namun, lanjut Edi, dari Kementerian juga memberikan kesempatan kepada Provinsi Kepri, agar melengkapi syarat yang dibutuhkan dalam pengajuan yang selanjutnya. Sebab, Kementerian Sosial menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui Sultan Mahmud akan ditetapkan statusnya sebagai pahlawan apa.

“Memang sewaktu pengajuan tidak ada dibuat mengenai keahliannya. Tetapi dilihat dari sejarahnya, nanti kami akan menetapkan Sultan Mahmud sebagai pahlawan ahli strategi gerilya laut,” jelasnya.

Sedangkan dalam mempersiapkan data yang lebih konkrit, Edi mengatakan, Dinsos Kepri bersama Dinas Perpustakaan telah melakukan pencarian data-data hingga ke negara Belanda.

Kemudian bahan-bahan yang didapatkan Dinsos Kepri dari Belanda, rencananya pada tanggal 3 Desember 2015 akan dilakukan seminar di Hotel Pelangi Kota Tanjungpinang.

“Setelah hasil kajian terbaru diseminarkan, kami tidak ingin buru-buru mengajukan kembali Sultan Mahmud sebagai pahlawan nasional pada tahun 2016. Sebab pengajuan nama pahlawan hanya diberikan kesempatan 2 kali. Kemungkinan tahun 2017 baru Kepri kembali mengajukan,” kata Edi.

Terpisah, Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana dikonfirmasi terkait kegagalan pengajuan nama pahlawan tersebut. Ia mengatakan, dirinya belum mengetahui secara pasti penyebabnya.

Sehingga, lanjut Agung, dirinya akan mengecek terlebih dahulu. “Saya belum dapat laporan. Nanti saya cek dulu, apakah kelengkapan-kelengkapan yang dibutuhkan untuk pengajuan sudah lengkap atau tidak. Kalau tidak lengkap pasti disisihkan, saya yakin kalau lengkap pasti tidak disisihkan,” ucap Agung. (ADO)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>