Published On: Sen, Apr 20th, 2015
                            

Harkonas, Konsumen Harus Cerdas dan Teliti Pilih Barang

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag) Ekonomi Kreatif dan Penanaman Modal Kota Tanjungpinang, Suyatno, menghimbau, dalam rangka Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang jatuh pada Senin 20 April 2015 ini, dirinya meminta masyarakat harus lebih cerdas, serta berhati-hati dan teliti dalam memilih barang-barang kebutuhan yang akan dibeli.

“Jadi barang yang akan dibeli harus diutamakan produksi dalam negeri, yang telah memenuhi standar,” katanya kepada KepriDays.com.

Sebab, lanjut dia, Harkonas ini dalam rangka menuju Masyarakat Ekonomi Asean, dan tentunya produk luar negeri akan bersaing dalam menawarkan produk masing-masing. Maka untuk mendukung itu semua, masih kata Suyatno, sangat diperlukan semangat cinta produk dalam negeri yang kualitasnya juga tidak kalah bersaing dengan produk luar.

“Maka itu konsumen berhak mendapatkan informasi yang jelas terhadap produk-produk yang dijual,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Kapala Bidang Perdagangan Disperindag Ekonomi Kreatif dan Penanaman Modal Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto membenarkan hal tersebut.

Ia mengatakan, para konsumen berhak mendapatkan informasi yang jelas terhadap produk-produk yang dibeli dan dijual pelaku usaha. “Begitu juga bagi para pelaku usaha, wajib menarik barang satu bulan sebelum masa kadaluarsa atau kemasan yang telah rusak, untuk melindungi konsumen,” katanya.

Sementara untuk memperingati sebagai Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Indonesia, bedasarkan keputusan Presiden nomor 13 tahun 2012 tentang Harkonas, tanggal 20 April ditetapkan sebagai Harkonas tiap tahunnya dengan mengacu kepada Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Hari Konsumen Nasional (Hrkonas) yang ditetapkan setiap tanggal 20 April setiap tahunnya, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya, menempatkan konsumen sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi serta konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri.

Dengan demikian, diharapkan Teguh, pelaku usaha akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya, sehingga siap menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan mampu bersaing di pasar global. (ARZ)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>