Published On: Rab, Feb 18th, 2015
                            

Fungsikan Terminal Sungai Carang Sebagaimana Mestinya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Oleh:
Dian Fadillah
Pemerhati Jalan-Jalan

Tanjungpinang sebagai ibu kota Provinsi terus berpacu dengan melakukan pembangunan di segala sektor. Sektor yang dimaksud adalah sektor yang berhubungan dengan pemberdayaan fasilitas umum masyarakat diantaranya : JPO (Jembatan Penyeberangan Orang), Median Jalan, Bangunan fasilitas untuk Puskesmas, Kantor Lurah, Camat dan sebagainya.

Pembangunan yang dilakukan sudah menampakkan bahwa dalam periode kepemimpinan saat ini sudah adanya geliat yang dinamis sehingga diharapkan pembangunan akan lebih menyeluruh kepada fasilitas lain seperti tempat aktivitasnya masyarakat di Melayu Square, Ocean Corner, Anjung Cahaya, Rimba Jaya dan tempat lainnya. Bangunan-bangunan yang tak kalah penting adalah bangunan atau area yang sudah ada atau sudah dibangun yang diikuti dengan perawatan secara berkesinambungan dan tetap melihat fungsi serta kegunaan untuk, dari, dan bagi masyarakat.

Sebagai contoh kecil adalah sorotan kita layangkan kepada satu titik yaitu Terminal Sungai Carang. Terminal Sei Carang atau Terminal Sungai Carang adalah sebuah terminal terbesar yang terletak di Tanjungpinang di Provinsi Kepulauan Riau khususnya terletak di lokasi Bincen atau lebih dikenal Bintan Centre. Terminal merupakan salah satu Bussiness Centre di Tanjungpinang. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Terminal Sungai Carang ini memiliki fungsi dan melayani, seperti :

• Trayek dalam kota yang dilayani oleh angkutan kota atau Sarana angkutan Angkot (Bahasa Sunda) atau Transport sebagaimana istilah yang lazim di Tanjungpinang.
• Untuk Mini Bus Trayek menuju Bintan (Simpang Lagoi, Tanjung Uban, Kijang) dan Batam (Pelabuhan ASDP) yang dilayani oleh bus Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP).
• Untuk tempat pemberhentian bus antar dan jemput mahasiswa UMRAH.
• Untuk Penginapan mobil Damkar (Pemadam Kebakaran) kawasan Bintan Center.

Apabila dilihat dari Tipe terminal dapat dibagi menjadi beberapa bagian sehubungan dengan Terminal penumpang atas dasar tingkat penggunaan terminal:
1. Terminal penumpang tipe A
Terminal induk berfungsi melayani kendaraan umum baik secara nasional dan internasional. Contoh: Angkutan antar kota antar provinsi dan/atau angkutan lintas batas negara, angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan kota dan angkutan pedesaan.

2. Terminal penumpang tipe B
Terminal regional yang berfungsi melayani kendaraan umum untuk angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan kota dan angkutan pedesaan.
3. Terminal penumpang tipe C
Terminal subterminal dengan fungsi melayani kendaraan umum kelas kecil. Contoh angkutan kota dan angkutan pedesaan.

Apabila ditinjau dari Fasilitas terminal di Sei Carang mungkin tidak terlalu bermasalah karena fasilitas terminal yang ada cukup menunjang dengan melihat fasilitas utama dan fasilitas pendukung yang disediakan. Untuk Fasilitas utama sudah dapat diupayakan jalur pemberangkatan dan kedatangan untuk kendaraan umum, tempar parkir (ngetem) kendaraan umum selama menunggu keberangkatan termasuk tempat tunggu penumpang (peron) dan tempat istirahat kendaraan umum, adanya bangunan kantor terminal, Loket penjualan karcis, papan informasi dan tarif serta pelataran parkir kendaraan pengantar dan/atau mobil lain.

Fasilitas yang ada itu diikuti oleh adanya Fasilitas penunjang Toilet, Mushalla, kantin, taman dan tempat informasi yang dibutuhkan. Sama-sama kita perhatikan secara positif juga ada beberapa kelompok masyarakat menjadikannya sebagai sarana olahraga, latihan bela diri bersepeda, tempat makan minum tapi juga seiring perjalanan kita lihat bersama Terminal Sei Carang sudah mencapai maksimal untuk masyarakat.

Apabila kita tidak berhati-hati karena apabila siang hari menuju sore, sore menuju malam apalagi menuju pagi terminal itu terkadang dijadikan ajang pacaran dan bisa dimungkinkan untuk ajang lain yang akan membahayakan generasi muda kita. Sebagai bahan masukan saja bahwa fasilitas yang ada secara umum sudahlah cukup akan tetapi ada beberapa hal yang perlu disikapi:

• Bagaimana mengembalikan fungsi terminal Sei carang yang saat ini kepada porsinya sebagai sebuah terminal yang aktif?
• Bagaimana membuat terminal menjadi sebuah tempat yang selalu jadi pilihan kunjungan masyarakat di daerah Tanjungpinang ataupun dari luar?
• Apakah sudah sesuai pengelolaan yang dilakukan sehingga dapat memberikan sumbangsih kepada APBD secara signifikan?***

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>