Published On: Rab, Jun 22nd, 2016
                            

Festival Lampu Cangkok Diharap Lestarikan Budaya Melayu

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bintan, KepriDays.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan bakal menggelar Festival Lampu Cangkok yang diharapkan mampu lestarikan Budaya Melayu.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Rabu (22/06) belum lama ini, saat rapat di ruang rapat lantai 2 Kantor Bupati Bintan Bintan Buyu Kabupaten Bintan.

“Festival Lampu Cangkok ini akan digelar sebagai upaya melestarikan budaya tradisional melayu sekaligus menyemarakan bulan suci Ramadhan di Kabupaten Bintan,” kata Dalmasri.

Selain itu, kata Dalmasri, setiap Kecamatan dianjurkan untuk membuat satu karya seni yang ornamennya dari tatanan Lampu Cangkok yang berbahan minyak tanah, serta ditempatkan di lokasi desa tiap-tiap kecamatan.

“Kita akan bentuk tim untuk yang akan menilai tiap-tiap desa per-kecamatan yang akan di pertandingkan. Dan akan bekerjamasama dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira,” ujar Dalmasri.

Sementara, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bintan, Ronny Kartika mengatakan, bahwa kegiatan ini dapat juga dijadikan salah satu gelaran wisata religius yang mengandalkan kearifan lokal dan budaya.

“Untuk penilaian rencananya akan dimulai pada tanggal 27 hingga 28 Juli 2016 oleh Panitia,” tutur Ronny.

Kemudian, Ronny menambahkan, festival ini mempunyai keunikan dimana semua bahan ornamen Lampu Cangkok bisa dikreasikan, serta dapat di tata rapi pada seluruh pelosok desa.

“Gelaran Lampu Cangkok ini juga bisa dijadikan event budaya festival tradisional,” kata Ronny. (S.RUSYDY)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>