Published On: Kam, Sep 14th, 2017
                            

Dua Tersangka Pencucian Uang Ditetapkan Kejati Kepri

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri menetapkan dua orang dugaan tersangka dalam kasus pencucian uang Asusrasi Kesehatan dan Tunjangan Hari Tua bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga harian lepas pada Pemerintah Kota Batam, Kamis (14/09).

Diketahui dana asuransi tersebut ditempatkan pada PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya. Dalam kasus tersebut jaminan kesehatan dan tunjangan hari tua bagi PNS dan tenaga harian lepas, Pemerintah Kota Batam membuat jaminan sesuai peraturan Daerah (Perda) No 09 Tahun 2006 tentang APBD Kota batam Tahun Anggaran 2007.

Pemerintah Kota Batam melakukan kerja sama dengan PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih dengan adanya keterbatasan anggaran pemerintah, dan menghentikan kerja sama tersebut karena kedua pihak melakukan gugatan perdata.

Dalam gugatan yang dilakukan oleh pihak pertama yakni PT, Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya  di Pengadilan Negeri Batam melalui Jaksa Pengacara Negara (JPN) SYI yang kini menjadi tersangka, kemudian pihak pertama dan pihak kedua melakukan mediasi dan sepakat untuk melakukan pembayaran sebagai kewajiban sebesar Rp. 55 miliar.

Terkait pembayaran sebesar Rp. 55 miliar tersebut, kata Kajati Kepri Yunan, tersangka Monas dan Syi melakukan penarikan dari Bank Bersama dan dipindah bukukan ke rekening Giro sebayak 31 kali transaksi penarikan tanpa ada perintah atau pemberitahuan dari pihak Pemko Batam.

“Kita sudah menetapkan dua tersangka atas dugaan pencucian uang dari Pemerintah Kota Batam sebanyak Rp. 55 miliar dan masih tersisa uang sebesar Rp. 165 juta,” kata Yunan.

Selain itu, lanjut Yunan, pihaknya juga sudah memeriksa 14 orang saksi dan menyita dokumen – dokumen yang terkait penyalguanaan dana penyelewengan Asuransi Kesehatan dan Tunjangan Hari Tua bagi Pegawai Negeri Sipil dan Tenaga Harian Lepas pada Pemko Batam di PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya.

“Dalam kasus pencucian uang setelah dilakukan penyelidikan dan memeriksa beberapa saksi dan di dukung dengan alat bukti kuat Kejati Kepri menetapkan Dua orang tersangka yakni Monas selaku Penasehat Hukum (PH) PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya dan SYI selaku Jaksa Negara Pada Kejasaan Negeri Batam yang sekarang masih bertugas di Kota Lampung,” ucap Yunan. (YULI)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>