Published On: Sen, Mei 19th, 2014
                            

Dinkes Gelar Jambore Kader Posyandu di Pamedan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, menggelar Jambore Kader Posyandu tingkat Kota Tanjungpinang sekaligus mengadakan perlombaan untuk para kader tersebut, Senin (19/5) di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. Guna Posyandu adalah memperdayakan masyarakat serta memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh kesehatan.

“Semoga Posyandu dapat meminimalkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi, selain itu, jasa Kader Posyandu sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi. Maka melalui jambore posyandu ini, kita dapat memupuk semangat kader posyandu yang selama ini bekerja tanpa pamrih dalam mewujudkan kesehatan ibu dan anak,” ucapnya.

Selain itu, Syahrul menjelaskan, perkembangan jumlah posyandu di Kota Tanjungpinang saat ini sangat menggembirakan, karena hampir setiap RW minimal terdapat satu posyandu balita dan lansia. Untuk itu, kepada seluruh elemen kesehatan, TP PKK serta Instansi terkait agar dapat menggerakkan dan memperdayakan masyarakat tersebut.

“Seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang sadar dan mampu untuk hidup sehat, sehingga dapat mewujudkan visi masyarakat yang mandiri untuk sehat. Sedangkan untuk Dinas Kesehatan, TP PKK, Camat, Lurah, serta seluruh kader-kader yang telah berpartisipasi secara sukarela dan bersemangat, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk mereka,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan, tujuan kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kinerja kader posyandu yang berbasis masyarakat sebagai bentuk silahtuhrahmi antar kader posyandu serta sebagai ajang berbagi pengalaman antar keder posyandu yang ada.

“Kegiatan ini juga akan diisi dengan berbagai perlombaan, antara lain lomba penyuluhan kader posyandu, lomba celoteh kader posyandu, lomba daur ulang sampah rumah tangga, lomba pengisian Kantu Menuju Sehat (red, KMS), lomba pembuatan makanan penganti ASI, serta lomba pelayanan posyandu, yang diikuti 126 orang kader posyandu utusan masing-masing Kelurahan,” ucapnya.

Sedangkan, untuk data Posyandu yang ada saat ini Kota Tanjungpinang, kata Rustam, Kota Tanjungpinang sudah memiliki 125 posyandu balita dengan jumlah kader aktif sebanyak 811 orang, kemudian posyandu Lansia berjumlah 25 posyandu dengan kader aktif sebanyak 145 orang.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni mengatakan, seluruh kader posyandu untuk tetap semangat dalam mewujudkan kesehatan ibu dan anak dan kepada kader posyandu yang telah berpartisipasi dalam perlombaan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan khususnya di bidang Kesehatan. “Semoga yang mengikuti lomba ini bisa bertambah ilmunya,” kata Weni.

Turut Hadir pada acara ini, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, FKPD, para Asisten, Staf Ahli, SKPD, Camat, Lurah, Ketua GOW Kota Tanjungpinang, serta peserta jambore kader posyandu. (RNN)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>