Published On: Kam, Apr 30th, 2015
                            

11 Galaksi Terlempar Dari Lokasi Asal

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Sekitar dua lusin bintang berlari cepat atau kabur meninggalkan galaksinya. Bahkan ditemukan satu cluster bintang kabur meninggalkan galaksi untuk selamanya.
Sejumlah astronom menemukan 11 galaksi kabur atau terlempar dari lokasi asalnya. Para galaksi ini terlempar keluar dari “rumah mereka” untuk mengembara di ruang antar galaksi.

“Galaksi-galaksi ini menghadapi masa depan yang kesepian. Mereka terasing dari cluster galaksi mereka yang dulu ditinggali,” kata astronom Igor Chilingarian dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics/Moscow State University, dalam jurnal Science, 23 April 2015.

Sebuah benda disebut kabur atau terlempar bila berlari dengan kecepatan lebih tinggi dari biasanya dan mereka tidak pernah kembali ke tempat asalnya. Dalam kasus bintang kabur, kecepatannya lebih dari 1 juta mil perjam atau 500 kilometer permenit. Adapun galaksi kabur lebih cepat lagi.

Kecepatan perjalanannya sampai 6 juta mil perjam atau 3000 km permenit. Chilingarian dan koleganya, Ivan Zolotukhin dari L’Institut de Recherche en Astrophysique et Planetologie/Moscow State University, awalnya hendak mengidentifikasi anggota baru dari suatu kelas galaksi yang disebut elips kompak.

Jenis galaksi ini merupakan gumpalan kecil dari bintang yang lebih besar dari cluster bintang tapi lebih kecil dari galaksi umumnya, yang mencakup hanya beberapa ratus tahun cahaya. Sebagai perbandingan, galaksi Bima Sakti memiliki diameter 100 ribu tahun cahaya. Elips kompak juga memiliki berat 1.000 kali kurang dari galaksi Bima Sakti.

Sebelum penelitian ini, hanya 30 galaksi elips kompak yang dikenal. Mereka semua berada di kluster galaksi. Untuk menemukan contoh baru, Chilingarian dan Zolotukhin menyortir melalui database arsip publik dari Sloan Digital Sky Survey dan satelit GALEX. Pencarian mereka telah mengidentifikasi hampir 200 galaksi elips kompak yang sebelumnya tidak diketahui.

Dari jumlah itu, 11 galaksi di antaranya benar-benar terisolasi dan ditemukan jauh dari galaksi besar atau kluster galaksi. “Elips kompak pertama semua ditemukan dalam kluster karena di situlah orang-orang mencari. Kami memperluas pencarian kami, dan menemukan tak terduga,” kata Zolotukhin. (TIM REDAKSI)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>