Published On: Sen, Mei 29th, 2017
                            

Waktu Terbaik Berolahraga Saat Puasa

foto ilustrasi olahraga malam. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dunia, KepriDays.com – Tetap sehat selama bulan Ramadan tentu menjadi harapan banyak orang. Selain menjaga kebutuhan gizi dan asupan nutrisi, langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan tetap berolahraga.

Kendati demikian, perubahan pola makan saat berpuasa tentu membuat olahraga di bulan suci menjadi tantangan tersendiri. Jika tidak bijak menyiasatinya, bukan tidak mungkin olahraga justru akan berdampak buruk bagi kesehatan terutama bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa.

Lantas bagaimana caranya berlahraga di bulan Ramadan tanpa membawa dampak buruk bagi tubuh? National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia, dokter Alia Basalamah, mengatakan waktu terbaik untuk berolahraga adalah 30-60 menit sebelum buka puasa dan 60 menit setelah buka puasa, untuk membantu mempermudah rehidrasi.

Olahraga penting dilakukan karena masyarakat cenderung menjalani pola hidup yang kurang tepat selama bulan puasa, dikutip dari Bisnis.com. Setelah berpuasa selama kurang lebih 13 jam, kebanyakan orang Indonesia memilih untuk mengkonsumsi segala jenis makanan, terutama yang berkadar gula tinggi dalam jumlah banyak yang juga disertai dengan berkurangnya waktu tidur.

Hal tersebut dapat menyebabkan penurunan konsentrasi yang mengganggu kegiatan sehari-hari termasuk kegiatan beribadah. “Umumnya, kita memiliki waktu tidur selama 8 jam dan bangun untuk aktivitas sehari-hari selama 16 jam. Namun, selama bulan Ramadan, terjadi beberapa perubahan waktu tersebut,” ujar Alia.

Ia menjelaskan terdapat empat pembagian waktu selama bulan Ramadan di Indonesia, yaitu 13 jam antara sahur dan buka puasa, tiga jam antara buka puasa dan makan malam, tiga jam antara makan malam dan tidur, serta lima jam untuk tidur. (TIM REDAKSI)

119 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>