Published On: Ming, Jul 26th, 2015
                            

Tokoh Masyarakat himbau Tidak Terprovokasi Konflik Tolikara

Tolikara. Foto:Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Tokoh masyarakat, agama dan tokoh adat di Provinsi Kepulauan Riau mengimbau seluruh masyarakat Indonesia tidak terprovokasi terhadap konflik agama yang terjadi di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara.

“Kami imbau untuk satu Indonesia. Sebagai bangsa yang menjaga kerukunan umat beragama, bangsa yang saling menghormati kemajemukan, tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Syamsir selaku tokoh masyarakat Kepri, Ahad (26/07) beberapa waktu lalu di Tanjungpinang.

Bahkan mantan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Bintan itu menambahkan, agar masyarakat Papua untuk saling menjaga kerukunan umat beragama, dan tidak mudah untuk diprovokasi oleh pihak mana pun yang ingin membuat konflik di daerah tersebut.

Sehingga keharmonisan antarsuku dan antaragama dapat melahirkan kekuatan di Papua. Persatuan dan kesatuan masyarakat dapat menjadi benteng yang kokoh dalam menghalau berbagai upaya yang dilakukan pihak-pihak tertentu untuk menciptakan konflik.

“Masyarakat Papua adalah saudara kita. Kami prihatin atas peristiwa yang terjadi pada hari pertama Lebaran kemarin. Kami berharap tidak ada lagi peristiwa yang sama terjadi di Papua maupun wilayah lainnya,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Lembaga Adat Melayu Kepri, Abdul Razak. Dia merasa prihatin terhadap kejadian di Distrik Karubaga, Tolikara tersebut.

“Masyarakat Papua tetap tenang, dan tidak terpancing oleh berbagai hal yang dapat memecahkan persatuan dan kesatuan. Serahkan kepada pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan itu,” katanya.

Dia pun berharap konflik di Papua tidak semakin besar dan meluas, sehingga dapat diselesaikan secepatnya dan tidak menular ke mana-mana. “Pemerintah harus dapat mencari solusi yang tepat,” ungkapnya. (RNN)

133 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>