Published On: Jum, Jun 5th, 2015
                            

Tips Puasa untuk Penderita Maag

Puasa-Senin-Kamis-dan-Puasa-Rajab. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Bulan Ramadhan yang penuh berkah sudah dekat. Orang muslim melakukan puasa manahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa di mulai dari terbit fajar (Subuh) sampai matahari terbenam (Magrib).

Berpuasa juga baik buat kesehatan, karena saluran pencernaan dapat bekerja secara teratur dan tidak bekerja terus, seperti pada 11 bulan lainnya.

Bagaimana dengan orang menderita penyakit maag yang tidak bisa makan terlambat?

Menurut dokter gizi klinik FKUI Fiastuti Witjaksono, penderita maag berat tidak dianjurkan berpuasa, perlu dilakukan pengobatan.

“Bagi menderita maag ringan dianjurkan berpuasa, karena makannya teratur waktu berbuka dan sahur,” kata Fiastuti, Jum’at (05/06) beberapa waktu lalu.

Dia juga menyarakan, agar mereka yang memiliki masalah lambung ini melakukan puasa dengan tips tertentu. Inilah cara berpuasa bagi penderita maag yang tak bermasalah dengan organnya:

1. Lakukan makan sahur mendekati waktu imsak, agar tidak terlalu lama perut kosong selama berpuasa.

2. Hindari makan yang pedas baik dari cabai, atau merica, asam, kafein, atau minuman bersoda.

3. Segerakan berbuka tepat pada waktunya, jangan diundur-undur. Waktu berbuka mulailah dengan makanan yang manis secukupnya. Ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.

4. Lakukan makan dengan bertahap. Saat berbuka puasa sebaiknya jangan langsung menyantap makanan besar (nasi dan lauk pauknya).

5. Lakukan makan berat setelah shalat Magrib, kira-kira satu jam setelah berbuka agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.

6. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat waktu sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lambat.

Jika sakit maag agak berat lakukan pengobatan, baru bisa puasa. (TIM REDAKSI)

149 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>