Published On: Sen, Apr 4th, 2016
                            

Tips Jitu Beli Rumah Bagi Karyawan Bergaji Pas-pasan

ilustrasi rumah. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Pengusaha properti yang juga mantan Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia, Setyo Maharso, mengungkapkan beberapa tips bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan penghasilan pas-pasan.

Menurut dia, harga properti saat ini tergantung lokasi rumah. Harga rumah di pusat kota relatif lebih tinggi dibandingkan harga rumah di pinggir kota.

Karena itu, rumah di pinggir kota dapat menjadi pilihan bagi masyarakat berpenghasilan menengah. “Tapi lokasinya minimal dekat dengan pusat kegiatan dia. Kalau pusat kegiatannya di Jakarta Timur, beli rumah di Bekasi, jangan di Tangerang,” ujar Setyo, seperti dikutip dari Bisnis.com.

Selain itu, Setyo menyarankan agar memilih lokasi hunian yang dekat dengan moda-moda transportasi yang disediakan pemerintah. “Misalnya Trans Jakarta atau kereta api. Biar ngirit, hemat,” kata Setyo.

Kemudian, pembeli perlu mencari tahu pengembang dari lokasi rumah yang diinginkan agar calon pembeli dapat memperoleh kepastian apabila terdapat suatu permasalahan.

“Bisa dipertanggungjawabkan kalau ada masalah. Bisa bertanya ke anggota REI atau sekretariat REI,” ujarnya.

Calon pembeli, menurut Setyo, juga harus mempertimbangkan bank pemberi kredit pemilikan rumah. “Dilihat sistemnya, pengenaan bunganya seperti apa, flat atau floating. Misalnya, bunganya fixed dua tahun. Setelah dua tahun, bagaimana bunganya,” tuturnya.

Untuk itu, Setyo pun merekomendasikan agar masyarakat mengajukan KPR ke bank-bank milik pemerintah. “Bank-bank swasta juga bisa, tapi yang memang fokusnya di perumahan,” kata Setyo. (TIM REDAKSI)

201 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>