Published On: Kam, Apr 21st, 2016
                            

Tewaskan Turis, Pengemudi Banana Boat Divonis Ringan

Sidang Vonis terdakwa tewasnya turis. Foto : CR13
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Hajidin alias Udin (23) seorang pengemudi Banana Boat yang terbukti telah menewaskan Kim Hok Soek (19) turis dari Korea, Rabu (20/04) kemarin, divonis 1 tahun dan 8 bulan penjara oleh Majelis Hakim.

Diketahui vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang Ricky Setiawan, saat dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Guntur Kurniawan bersama anggotanya Zulfadli dan Afrizal di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang.

“Dimana putusan ini lebih ringan 8 bulan, dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Ricky Setiawan, yang sebelumnya menuntut dengan hukuman 2 tahun dan 6 Bulan Penjara,” kata Guntur.

Sedangkan dalam putusan tersebut, Guntur menyatakan, terdakwa terbukti telah memenuhi unsur pasal 359 KUHP, yaitu, barang siapa yang menyebabkan kelalaian sehingga mengakibatkan orang lain meninggal dunia.

“Atas perbuatannya yang telah terbukti kami majelis hakim menghukum terdakwa dengan hukuman selama 1 tahun dan 8 bulan penjara, dipotong masa tahanan yang telah dijalani dengan perintah tetap di tahan,” ungkap Guntur.

Atas putusan ini juga, Guntur menambahkan, terdakwa bisa pikir-pikir selama tujuh hari kedepan. “Terdakwa mau menerima dan bisa menyatakan banding,” ucap Guntur.

Sementara dari JPU terungkap, awal kejadian ini saat Kim Hong Seok (18) dan Kim Ji Won hendak bermain Banana Boat di Pantai Bintan Lagoon Resort, kawasan pariwisata Lagoi.

Kemudian keduanya mendaftar di outlet permainan Babana Boat milik CV Alam Laut Indah yang berada di sekitar pantai. Setelah mendaftar, Hong Seok dan Ji Won langsung berjalan menuju pantai.

Setibanya di pantai, keduanya diterima salah seorang karyawan Banana Boat yaitu Amatus Anu. Pasangan asal Korea ini diarahkan untuk memasang baju pelampung. Setelah mengenakan pelampung, dua wisatawa asing ini naik ke Banana Boat.

Sedangkan Amatus naik ke speed boat yang dikemudikan Jidin. Amatus bertugas memperhatikan kondisi tamu di atas Banana Boat. Setelah permainan berjalan sekitar 10 menit, kedua tamu itu terjatuh dari air.

Mendengar ada tamu yang jatuh, Jidin berputar ke kiri dengan maksud hendak menolong tamu yang jatuh ke laut. Tiba-tiba, Jidin mendorong gas terlalu kencang sembari berbelok. Karena ada sesuatu yang menahan, speed boat oleng dan tertelungkup.

Akibatnya Jidin dan Amatus jatuh ke laut. Namun, mesin speed boat itu tetap hidup dan berjalan sendiri dengan berputar-putar sebanyak tiga kali. Pada putaran ketiga, speed boat itu menabrak Kim Hong Seok (18) hingga meninggal dunia. (YULI)

317 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>