Published On: Sen, Okt 3rd, 2016
                            

Target 2,8 Juta Kunjungan Wisman Mustahil Dicapai Kepri

BPS Kepri saat press Rilis. Foto : Rony
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Target kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) sebanyak 2,8 juta yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia ke Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri, merupakan hal mustahil bisa dicapai Provinsi Kepri saat ini.

Pasalnya dari data resmi yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statisik (BPS) Provinsi Kepri, kunjungan Wisman yang datang ke Kepri dari Januari hingga Agustus 2016 sebanyak 1.259.521 orang.

“Wisman yang datang ke Kepri, rata-rata berasal dari Korea Selatan, India, Tiongkok, Malaysia dan Singapura. Untuk di Kepri sendiri kunjungan Wisman sebanyak 1.259.521. Target 2,8 juta orang dari Kemenpar RI, saya akui sulit itu dicapai,” kata Kepala BPS Kepri, Panusuran Siregar, Senin (03/10) kepada KepriDays.com.

Sedangkan kunjungan Wisman untuk daerah di Kepri, lanjut Panusuran, seperti Karimun sebanyak 6,974 orang pada Agustus 2016, Batam sebanyak 99,724 orang, Tanjungpinang sebanyak 6.166 orang dan Bintan sebanyak 29.491 orang.

“Kami hanya menghitung data, kalau untuk target yang bisa dicapai itu tergantung pemerintah. Kalau kami diminta masukan saran, tentu kami bersedia,” ujarnya.

Sementara terkait target itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengkajian dan Pengembangan Pariwisata Dispar Kepri, Frengky mengatakan, memang perlu dikaji lebih lanjut soal target tersebut.

Sebab, target Wisman pada tahun 2015 sebanyak 2,5 juta orang yang diminta Kemenpar RI kemarin, hanya bisa dicapai 2,0 juta orang oleh Provinsi Kepri.

“Pertahun beban kami memang terus bertambah. Sedikit saja isu sensitif terhadap pariwisata, berdampak pada pengurangan jumlah kunjungan Wisman. Untuk mencapai target itu, kami akan lebih bekerja keras,” katanya.

Sedangkan saat ini, Frengky menyatakan, pihaknya tetap berusaha menambah kunjungan Wisman hingga bisa mencapai target 2,8 juta orang. Apalagi Kepri sebentar lagi mengadakan Festival Bahari Kepri rentetan Sail Karimata. “Itulah usaha kita. Mudah-mudahan jumlah kunjungan Wisman bisa bertambah terus,” ujarnya. (RNN)

302 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>