Published On: Sel, Mei 2nd, 2017
                            

Tanjungpinang Bisa Jalin Kerjasama Ekonomi dengan Johor

Ramah tamah lis darmansyah.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Masyarakat Kepulauan Riau dan Johor-Malaysia memiliki hubungan sebagai bangsa serumpun Melayu yang terjalin sejak lama melalui akar sejarah Kerajaan Riau-Johor-Lingga-Pahang.

Bahkan sampai saat ini jejak peninggalan sejarah itu masih ada di Kepulauan Riau, yang berada di Pulau Punyengat dan Lingga.

Menurut Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Kepri dan Johor-Malaysia memiliki kesamaan seni budaya yang menjadi perekat hubungan dari generasi ke generasi. Hubungan nilai-nilai kebudayaan yang turun temurun inilah yang harus dikembangkan dengan semangat keserumpunan Melayu melalui silaturahim ini.

“Saya harap pertemuan ini bisa menjadi semangat bagi anak cucu kita agar kebersamaan masyarakat serumpun Melayu tetap terjalin,” kata Lis, Senin (01/05) kemarin, saat temu ramah bersama Majelis Kebudayaan Johor-Malaysia di Restaurant Nelayan.

Sedangkan bicara mengenai perkembangan sejarah kerajaan di Indonesia. Penyebaran kerajaan di Indonesia bukan saja di Asia Tenggara tetapi sampai ke Afrika, bukti sejarah itu di Suriname banyak orang Indonesia.

Demikian pula dengan keturunan masyarakat Melayu Kepri juga banyak menyebar ke Asia Tenggara.

“Sejarah menghubungkan masyarakat serumpun Melayu. Adat, bahasa dan agama adalah kebudayaan yang melekat pada diri orang Melayu adalah budaya Melayu, Melayu adalah Islam, Islam adalah Melayu,” ucap Lis.

Sementara, Lis pun mengingikan melalui kunjungan ini akan melahirkan sebuah hubungan kekerabatan, tak hanya budaya, hubungan ini bisa ditingkatkan melalui kerjasama di sektor ekonomi. 

“Kedepan Pemerintah Kota Tanjungpinang ingin menjadi daerah serumpun atau center city. Kita bisa pertemukan pengusaha Johor dengan Tanjungpinang untuk menjalin kerjasama itu. Sebenarnya kerjasama ini sudah terjalin, banyak orang Johor yang punya usaha di Tanjungpinang, begitu pula sebaliknya, tetapi tidak formil,” kata Lis.

Ditempat yang sama, Pegawai Daerah Johor Baharu atau Bupati, Tuan Haji Mohamad Fuad Bin H Radwan mengucapkan terimakasih kepada pentakbiran ini, khusunya Walikota Tanjungpinang yang sangat bermurah hati menaja mereka ke Tanjungpinang.

“Saya sebagai pihak pentakbiran kerajaan Johor mengucapkan terimakasih atas penyambutan ini, semoga silaturahim terus terjalin,” ucapnya. (RNN)

762 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>