Published On: Sen, Mei 23rd, 2016
                            

Stok Gula Pasir Kosong di Bintan

Gula Pasir.Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bintan, KepriDays.com – Stok gula pasir mulai terus menipis didaerah Kabupaten Bintan, seperti di Swalayan Kembar Jaya KM. 17 Desa Toapaya Selatan yang sudah kosong.

Bahkan harga gula pasir saat ini mencapai Rp. 15 ribu per kilogram. Hal ini dikarenakan tidak ada lagi pemasok gula pasir dari distributor, dan pantau dilapangan keranjang yang bisa diletakan gula pasir di Swalayan Kembar Jaya sudah tidak ada lagi.

Kelangkaan ini tentunya membuat sejumlah pedagang yang ada diwilayah Kabupaten Bintan kesulitan mendapatkan pasokan gula dari kalangan distributor. Pengakuan dari pihak pengelola sejak akhir bulan April kemarin, pasokan gula dari distributor sudah tak pernah masuk lagi.

Tumiasi selaku pengawas menyebutkan, sejak dua bulan terakhir harga gula terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan antara Rp. 1.500 hingga Rp. 2.000 per kilogram.

“Sebelumnya harga gula masih berkisar Rp. 7.400 per kilogram, namun seiring berjalannya waktu kenaikan antara Rp. 1.500 sampai Rp. 2.000 per kilogram. Dan terus terjadi hingga sekarang menjadi Rp. 14.800 per kilogram,” kata Tumiasih, Senin (23/05) di Swalayan Kembar Jaya Bintan.

Sementara menanggapi hal ini, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bintan, Setia Kurniawan mengatakan, bahwa tidak hanya Kabupten Bintan saja yang mengalami hal ini, bahkan didaerah lain seperti Jakarta dan Jawa memang harga gula sedang tinggi.

“Jika kini harga gula sudah mencapai Rp. 15.000 per kilogram, diperkirakan menjelang bulan puasa harga gula akan terus mengalami kenaikan,” kata Iwan.

Hal ini, lanjut Iwan, disebabkan minimnya pasokan gula dari daerah distributor, seperti, Jakarta untuk kewilayah Bintan melalui pelabuhan barang KM. 6 Tanjungpinang serta pelabuhan Kijang Kecamatan Bintan Timur.

“Selain gula komiditi kebutuhan pokok lainnya seperti beras, minyak goreng, tepung terigu serta lainnya masih normal. Bahkan sebagian diantaranya justru mengalami penurunan harga,” ujar Iwan.

Sedangkan Distributor asal Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara, Angau mengatakan, kalau stok gula di gudangnya saat ini memang sedang kosong. Ia menyebutkan, informasi dari pemasok di Jakarta, bahwa pasokan gula baru akan masuk dalam waktu dekat.

“Namun dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan keadaan normal. Selain harga yang mengalami kenaikan, pemasokan gula juga di kurangi dari sebelumnya 100 ton menjadi 60 ton,” ungkap Angau. (CR13)

552 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>