Published On: Jum, Apr 17th, 2015
                            

Setiap Deportasi Tanda Pengenal TKI-B Selalu Kurang

Tanda Pengenal TKI-B. Foto : Leonardo Z
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Setiap Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKI-B) dideportasi dari Malaysia dan tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Kota Tanjungpinang, tanda pengenal yang digantungkan kepada para TKI-B selalu kurang.

Hal ini menjadi sorotan bahwa Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, tidak siap dengan menanggulangi deportasi TKI-B pada setiap minggunya. Padahal tanda pengenal tersebut sedianya telah disiapkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk Dinsosnaker Kota Tanjungpinang, jika TKI-B dideportasi dari Malaysia.

Pantauan awak media KepriDays.com beberapa kali saat deportasi TKI-B dari pelabuhan Malaysia dan tiba di Pelabuhan internasional Sri Bintan Pura langsung dibagi tanda pengenal, namun tanda pengenal yang dibagikan tidak merata digunakan oleh para TKI-B.

Korlap TKI-B Dinsosnaker Kota Tanjungpinang, Kuswari mengatakan, pencetakan tanda pengenal tersebut selalu disiapkan berlebih, seperti hari ini tanda pengenal disiapkan sebanyak 400 tanda pengenal. Tapi, dirinya heran tanda pengenal selalu kurang untuk para TKI-B yang dideportasi.

“Tanda pengenal selalu disiapkan berlebih, malah kami siapkan hari ini sekitar 400 unit,” ucapnya ketika ditanyai masalah kekurangan tanda pengenal tersebut, Kamis (16/4) sore kemarin.

Kemungkinan, lanjut Kuswari, tanda pengenal yang dibagikan diambil oleh para TKI-B secara berlebihan, yakni, dua atau tiga, sehingga ada TKI-B yang lainnya tidak mendapatkan tanda pengenal tersebut. “Saya pernah menanyakan kenapa ambil dua, kata mereka untuk kenang-kenangan di kampung nanti. Saya juga selalu melaporkan kekurangan ini ke Kadinsosnaker,” jelas Kuswari.

Sementara itu, Kadinsosnaker Kota Tanjungpinang, Surjadi mengakui kekurangan tanda pengenal tersebut selalu dilaporkan ke dirinya, bahkan Dinsosnaker selalu menyiapkan lebih tanda mengenal tersebut agar tidak terjadi kekurangan.

“Tapi setiap ditambah selalu kurang. Padahal kami selalu menyiapkan lebih untuk mencetak tanda pengenal tersebut, dan penyiapan tanda pengenal sebenarnya inisiatif dari kami, sehingga tidak ada kendala kalau tanda pengenal yang diberikan selalu berkurang,” ucapnya. (ADO)

230 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>