Published On: Jum, Mei 30th, 2014
                            

Sering Salah Digunakan, Pil Dextro Akan Ditarik

Obat DEXTROMETHORPHAN. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, Rustam mengakui obat Pil Dextromethorphan atau yang lebih dikenal dengan Dextro, kerap disalah artikan oleh pembelinya. Sebab guna sebenarnya dari obat ini adalah untuk obat Batuk, Jumat (30/5).

Tetapi tidak dipungkiri Rustam, lemahnya pengawasan di lapangan dan kurang pekanya apotik-apotik dalam melihat pembeli obat yang seharusnya menggunakan resep dokter menjadi faktor masalah yang harus diatasi. Kesempatan inilah yang disalahgunakan para pembeli untuk mengunakan obat tersebut.

Oleh karena itu, Dinkes Kota Tanjungpinang akan merencanakan untuk menarik obat-obat yang masuk kata gori keras dari peredaran agar mengantisipasi penyalahgunaannya dan disediakan ditempat-tempat yang khusus agar penggunaan obat tepat sasaran.

“Untuk obat batuk Dextro akan diganti pada awal tahun 2015 mendatang, dengan obat batuk jenis Ambroxol yang dinilai lebih aman untuk dikonsumsi masyarakat,” ujarnya.

Sementara, kata Rustam, untuk pengkonsumsi penyalahgunaan obat dextro, hampir rata-rata adalah para pelajar atau anak muda yang kerap mengkonsumsi Pil Dextro melebihi dosis yang sudah ditentukan. Sehingga tidak mengetahui efeknya adalah dapat mengancam kesehatan yang mengkonsumsi serta menurunkan kemampuan berpikir otak seseorang.

“Bahkan yang lebih parah bisa mengalami keterbelakangan mental,” ucapnya. (CR05)

214 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>