Published On: Sen, Agu 18th, 2014
                            

Selama 2 Tahun Sudah 55 BCB Terdaftar

Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri, Riawina. Foto: Ado
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Selama 2 tahun 55 Benda Cagar Budaya (BCB) di seluruh Kabupaten dan Kota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah terdaftar di Direktorat Jendral (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

“Sudah 55 BCB yang terdaftar dan masih ada lagi yang belum terdaftar BCB di Provinsi Kepri ini,” ucap Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri, Riawina, Senin (18/8).

Menurut Ria, Sebenarnya BCB yang berada di Kepri sudah ada datanya di Kemendikbud, namun sifatnya tinggal menunggu Kabupaten dan Kota masing-masing untuk mendaftarkan BCB-nya agar dapat diresmikan.

“BCB yang didaftarkan akan distudikan dulu oleh tim ahli yang berasal dari Dirjen Kebudayaan, baru bisa masuk daftar BCB di pusat,” ungkapnya.

Selain itu, Ria menambahkan, untuk di Kepri sendiri, seluruh Kabupaten dan Kota baru 2 tahun belakangan ini mau mendaftar dan melakukan studi keberadaan BCB didaerahnya. Maka, Ia meminta, untuk segeralah 7 Kabupaten dan Kota di Kepri melakukan pendaftaran BCB.

“BCB yang terdaftar nantinya harus dipelihara dan direhab, semua dilakukan harus sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Adapun yang termasuk dari BCB di Kabupaten dan Kota meliputi daerah darat dan laut. Namun yang jelas, kata Ria, tempat BCB tersebut harus mengandung unsur sejarah dan mesti dilestarikan sesuai UU Cagar Budaya. (ADO)

172 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>