Published On: Rab, Jun 24th, 2015
                            

Sebelum H-7 Perusahaan di Tanjungpinang Wajib Bayar THR

Surjadi, Kepala Dinsosnaker Kota Tanjungpinang. Foto : Afrizal
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Surjadi menegaskan, kepada seluruh perusahaan pemberi upah para pekerja, wajib membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan untuk karyawan sebelum H–7 lebaran Idul Fitri.

“Bagi perusahaan pemberi upah yang ada sekitar 1.000 perusahaan, yaitu usaha kecil, sedang, menegah dan industri rumah tangga, wajib membayarkan THR pekerja selambat–lambatnya satu minggu sebelum hari raya atau H–7,” katanya, Rabu (24/6) kepada KepriDays.com.

Kemudian dikatakanya lagi, ketegasan ini dikeluarkannya kepada seluruh perusahaan pemberi upah, berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Tanjungpinang yang disebarkan ke seuruh perusahaan yang ada di Tanjungpinang. Dan juga berdasarkan Permenaker nomor 4 tahun 1994 tentang THR Keagamaan.

“Dengan adanya surat edaran ini, maka permasalahan THR Keagaman di Kota Tanjungpinang tidak terjadi, dan bisa dibayarkan oleh perusahaan pemberi upah dan pekerja penerima upah,” ujarnya.

Selain Surat Edaran yang dikeluarkan, kata Surjadi, Dinsosnaker juga menerima pengaduan dari pekerja bila THR mereka tidak dibayarkan.

“Kami siap menerima pengaduan dari pekerja, apabila THR tak dibayarkan oleh perusahaan dan juga kita meyediakan posko tempat pengaduan di kantor Dinsosnaker Tanjungpinang,” katanya.

Untuk itu, Surjadi sangat berharap, pembayaran ketentuan untuk pekerja yang masa kerjanya tiga bulan secara terus–menerus, tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secara proporsional dengan menghitung jumlah bulan kerja dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah.

“Yang jelas untuk satu tahun bekerja dibayarkan THR Keagamaanya satu bulan gaji. Namun untuk pembayaran THR keagamaan bisa juga berbentuk barang, tapi barang tidak boleh diberikan lebih 25 persen dari gaji tetap dan lebihnya 75 persen harus berbentuk uang,” katanya. (AFRIZAL)

144 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>