Published On: Jum, Okt 7th, 2016
                            

RSL Daik Digodok jadi RSUD

kadinkes-lingga-ignatius-luti. Foto : Ruzi
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lingga, KepriDays.com – Tunggu pengesahan Peraturan Daerah (Perda) yang sedang digodok oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lingga, maka Rumah Sakit Lapangan (RSL) Daik yang berada didaerah Jalan Masjid Sultan Lingga, Kecamatan Lingga akan berpindah status menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daik Lingga.

Hal ini diungkapkan oleh Ignatius Lutti, selaku Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga. “RSL Daik memang seharusnya menjadi RSUD. Status RSL sebenarnya hanya untuk beberapa tahun saja. Tinggal Perdan saja untuk pembangunan permanennya,” kata dia, Jum’at (07/10) kepada KepriDays.com.

Selain itu, ia juga menjelaskan, RSL tersebut sebetulnya hanya untuk sementara. Konsep yang digunakan Menteri Kesehatan (Menkes) RI waktu dulu adalah untuk daerah bencana alam.

“Lalu oleh Gubernur Kepri zaman Pak Ismeth Abdullah, meminta ke Menkes untuk menempatkan dua unit RSL di Provinsi Kepri. Maka dibangunlah satu di Anambas dan satu lagi di Lingga,” pungkasnya.

Sementara untuk petugas serta peralatan kesehatan yang nantinya digunakan di RSUD Daik tersebut, ia menuturkan, masih tetap menggunakan petugas dan peralatan lama.

“RSL itu milik kementerian kesehatan yang sudah dihibahkan ke Pemkab Lingga. Memang harus diubah, karena RSL sudah tidak dibiayai lagi oleh Kemenkes. Sekarang menggunakan APBD, sehingga statusnya harus diubah jadi RSUD,” imbuhnya.

Sedangkan terkait lahan di Kampung Renggas, Desa Merawang yang semula direncanakan untuk pembangunan RSUD Daik, nampaknya tidak akan terlaksana. Kata Lutti, jika lahan tersebut sudah terbangun, maka RSL akan dipindahkan ke lokasi tersebut.

“Kalau tidak karena defisit pada tahun 2014 yang lalu, sudah kokoh berdiri RSUD Daik di lahan itu,” ujarnya. (CR18)

315 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>