Published On: Jum, Jun 17th, 2016
                            

Riono Minta Produk Lokal Harus Dibuat Hak Paten

sekda hadiri acara HKI kementrian ekraf RI. Foto : Humas
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Riono, meminta kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) harus membuat hak paten produk yang dihasilkan oleh UKM milik mereka.

Hal ini disampaikan Riono saat menghadiri acara Dinas Perindustrian Perdaganagan Ekonomi Kreatif dan PM Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Kementrian Ekraf RI tentang kegiatan fasilitas pendukung pendaftaran HKI untuk pelaku ekonomi ekraf, Kamis (16/06) kemarin di Aula Bulang Linggi, Badan Perpustakaan Arsip, Museum Kota Tanjungpinang.

“Saya menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini, karena sangat bermanfaat khususnya bagi pelaku UKM apalagi ia seorang pencipta produk. Jadi mereka bisa mengerti bagaimana proses untuk melindungi hasil karyanya, dengan hak paten, dan saya ingin empat orang pemenang TTG di tingkat Provinsi Kepri lalu dapat mempatenkan karyanya,” kata Riono.

Selain itu, Riono melanjutkan, dengan pemahaman tersebut dapat mendorong majunya hasil karya pelaku usaha di Kota Tanjungpinang, jika hasil karyanya sudah di patenkan.

“Setelah itu harus di produksi secara masa, supaya karyanya bermanfaat bagi masyarakat secara luas,” ucap Riono.

Sedangkan, Deputi Fasilitas HKI dan Regulasi, Badan Ekonomi Kreatif RI, Ari Juliano Gema mengatakan, bahwa pemahaman masyarakat mengenai keuntungan HKI masih sangat minim.

“Pendaftaran paten lokal Indonesia kurang dari 10 persen, padahal memproteksi kreasi itu mempunyai manfaat ekonomi bagi pencipta maupun masyarakatnya, karena itu saya berharap dukungan dari warga yang punya ciptaan teknologi bermanfaat untuk mendaftarkan hak patennya,” pungkas Ari. (RNN)

393 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>