Published On: Rab, Okt 25th, 2017
                            

Pulau Penyengat Destinasi Wisata Ungulan Tanjungpinang

Wp image 1980662347.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Pulau Penyengat adalah pulau di Kota Tanjungpinang yang menyimpan sejarah Kerajaan Melayu, kala itu Pulau Penyengat merupakan pusat pemerintahan, adat istiadat, agama Islam dan kebudyaan melayu dari Kerajaan Riau-Lingga-Johor dan Pahang.

Kini, situs-situs peninggalan sejarah yang ada di Pulau Penyengat, seperti adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, Makam para Raja, makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, menjadikan pulau penyengat sebagai aset dan cagar budaya Nasional di Kota Tanjungpinang.

“Saat ini Pulau Penyengat menjadi perhatian pemerintah Kota Tanjungpinang, salah satu upaya agar Pulau bersejarah ini terdaftar sebagai cagar budaya Internasional,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Priwisata Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin pada press conference di Gedung Museum Kota Tanjungpinang, Selasa (24/10).

Selain aset budaya Pulau Penyengat, Kholidin mengatakan, Penyengat juga merupakan destinasi wisata religi ungulan bagi wisatawan Nusantara maupun Mancanegara yang berkunjung ke Kota Tanjungpinang.

“Pulau Penyengat merupakan pulau yang lengkap untuk menarik para pengunjungnya dengan berbagai potensi yang dimilikinya, diantaranya wisata religi pulau penyengat memilki Masjid Raya Sultan Riau, untuk di jadikan wisata ziarah penyengat memilki makam para Raja dan Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, untuk wisata kuliner halal pulau penyengat juga memilkinya,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Hj. Reni Yusneli mengatakan, Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama Pemerintah Provinsi Kepulaun Riau terus berkomitmen untuk melakukan berbagai pembenahan di Pulau Penyengat.

“Pembenahan itu mulai dari balai adat, membudayakan bentor dan lain-lain agar dapat meningkatkan kunjungan wisman ke Kota ini,” ucapnya. (RNN)

93 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>