Published On: Ming, Mei 8th, 2016
                            

Proyek Pendalaman Pelabuhan Tanjung Berakit Gagal

Pelabuhan Internasional Berakit. Rony Nainggolan
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bintan, KepriDays.com – Proyek pendalaman ulang alur Pelabuhan Internasional Tanjung Berakit dengan kedalaman 5 meter, lebar 60 meter, panjang 1,8 kilometer, Ahad (08/05), terancam gagal dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan.

Pasalnya, anggaran yang diajukan sebesar Rp. 37 miliyar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 terancam tidak disetujui, dikarenakan pemerintah pusat melakukan penghematan Rp. 50 triliun.

Menurut Kepala UPP Kanpel Kelas II Tanjunguban, Edi Sumarsono, pendalaman ulang alur tersebut saat ini belum disetujui, dan karena penghematan tersebut Dirjen Perhubungan Laut kena dampaknya.

“Saya tidak tahu kapan pastinya pelabuhan tersebut di operasikan. Belum ada kepastian turunnya anggaran pengerukan dari pusat. Saya pun gak yakin pelabuhan ini bisa dioperasikan di tahun 2017 mendatang,” kata Edi.

Diketahui pengerukan ulang yang diajukan tahun ini merupakan kedua kalinya, setelah pengerukan awal dengan APBN 2014 anggarannya Rp. 33 miliyar.

“Saat ini sudah menutup alur kembali. Dikarenakan tidak dipergunakan pelayaran, dan ditutup pasir yang terbawa gelombang musim utara. Aabila dipaksakan pengoperasiannya tanpa pengerukan ulang, dikhawatirkan keselamatan penumpang,” kata Edi.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Yandrisah juga menyampaikan, pengerukan alur ranahnya UPP Kelas II Kanpel Tanjunguban. Sedangkan pengoperasiannya menjadi tanggungjawab bersama dengan Dishub Bintan.

“Kalau pengoperasiannya baru nanti dengan kita. Kalau saat ini masih mereka,” kata Yandrisah.

Sedangkan untuk diketahui, pembangunan Pelabuhan Tanjung Berakit dimulai tahun 2010 dengan anggaran Rp. 10 miliyar, yakni, untuk pembangunan gedung induk dermaga dua lantai, pembangunan ponton dan pengaspalan. (CR13)

379 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>