Published On: Ming, Apr 24th, 2016
                            

PLTS Pulau Berhala, Pemprov Kepri Tunggu Kesiapan PLN

Sekretaris Distamben Kepri M  Darwin. Foto : Rony Nainggolan
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Dalam merealisasikan keinginan masyarakat Pulau Berhala Kabupaten Lingga Provinsi Kepri untuk mendapatkan layanan penerangan dari PLN, sepertinya hal tersebut masih jauh dari harapan.

Pasalnya rencana Pemerintah Provinsi Kepri untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang akan bermitra dengan PLN belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Menurut Sekretaris Dinas Pertambangan (Distamben) Kepri, Muhammad Darwin, dari koordinasi yang dilakukan dengan pihak PLN Area Tanjungpinang, diketahui bahwa PLN Tanjungpinang belum dapat memastikan pembangunan PLTS tersebut.

“PLN masih menghitung biaya yang dibutuhkan untuk membangun jaringan listrik, biaya transportasi pengangkutan bahan dan biaya lainya,” kata Darwin, Ahad (24/4) belum lama ini.

Selain itu, Darwin juga mengatakan, saat ini Pemprov Kepri sedang melakukan pengkajian dan penghitungan biaya yang dibutuhkan membangun satu PLTS di Pulau Berhala.

“Memang saat ini masih satu PLTS di daerah itu dengan kemampuan beban puncak 150 KWP, dan itu melayani 55 KK. Kita sedang kaji dan menghitung biaya yang dibutuhkan untuk membangun PLTS lagi,” ujarnya.

Sedangkan diketahui, Pulau Berhala saat ini memiliki 55 Kepala Keluarga (KK) yang belum mendapatkan layanan listrik yang memadai. Warga hanya mendapatkan penerangan di malam hari antara pukul 18.00 hingga pukul 22.00 WIB dengan besaran suplai per KK 15 Watt (hanya tiga lampu penerangan).

Menurut Anggota Komisi III DPRD Kepri dari Dapil Lingga, Asep Nurdin, Pemprov Kepri harus memperhatikan kebutuhan listrik di Pulau Berhala. Lagi pula Pulau Berhala yang masih diperebutkan Pemerintah Provinsi Jambi, sangat perlu diperhatikan Pemprov Kepri.

“Warga disana harus bisa menikmati layanan penerangan seperti warga lainnya di Provinsi Kepri,” ujarnya. (RNN)

293 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>