Published On: Sel, Mei 24th, 2016
                            

PLN Berikan Pemahaman SUTT ke Masyarakat Bintan

Sosialisasi IUP PLN. Foto : CR13
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bintan, KepriDays.com – 60 warga didaerah Kabupaten Bintan pemilik lahan yang akan dilewati kabel jaringan (row) Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV), Senin (23/05) kemarin, mengikuti sosialisasi yang diberikan oleh Unit Induk Pembangunan (UIP) II PT. PLN Medan di Gedung Community Center, Simpang Lagoi, Kecamatan Teluk Sebung, Bintan.

“Pemasangan kabel dari gardu induk Tanjunguban menuju gardu induk Sri Bintan, bakal dimulai Rabu (25/5) mendatang,” kata Supervisor Pertanahan UIP II PT PLN Medan, Riko Dilo Ginting.

Dalam hal ini, Riko menjelaskan, bahwa sosialisasi ini adalah aturan pemerintah terkait hak-hak masyarakat pemilik lahan yang berada dibawah kabel SUTT.

“Untuk tahap pertama, kita akan melakukan pemasangan kabel di 14 tower interkoneksi, mulai dari tower nomor 19 sampai nomor 33,” jelas Riko.

Sementara, Riko mengatakan, masyarakat harus mengetahui mana yang menjadi hak mereka dan kewajiban mereka, namun dalam hal ini masing-masing masyarakat memilik pendapat yang berbeda.

“Dari sosialisai yang kami berikan, ada masyarakat yang bependapat langsung menyetujui dan adapula yang meminta ganti rugi besar. Tetapi kami hanya bisa membayar sesuai nilai appraisal oleh Kantor Jasa Penilai Publik,” kata Riko.

Riko juga menuturkan, bagi masyarakat yang belum menyetujui pemberian uang kompensasi, yang nilainya 15 persen dari harga lahan sesuai appraisal KJPP, UIP II PT PLN akan menitipkan/konsinyasi ke Pengadilan Negeri Tanjungpinang.

“Dan bagi masyarakat yang memiliki tanaman yang potensinya tinggi hingga mencapai 18-25 meter akan diganti rugi, sedangkan untuk tanaman seperti pisang dan ubin tidak diganti rugi,” kata Riko.

Sedangkan salah seorang warga yang lahannya akan dilewati kabel SUTT, Indra mengatakan, bahwa dirinya setuju atas kompensasi yang sudah diberikan sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya sudah setuju, lagian lahan yang diberikan kompensasi akan tetap menjadi milik saya,” kata Indra. (CR13)

364 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>