Published On: Ming, Jun 4th, 2017
                            

Perkebunan Kelapa dan Pinang Menjanjikan di Lingga

Img 0091.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lingga, KepriDays.com – Selain perkebunan merica, ternyata perkebunan kelapa dan pinang juga menjanjikan didaerah tersebut. Hal demikian terjadi seiring berjalannya waktu dan makin canggihnya teknologi pertanian.

Sebagaimana diketahui, dari sekian hasil pertanian adalah kebutuhan primer yang sangat wajib untuk di konsumsi oleh masyarakat. Keadaan ini yang sebenarnya harus di manfaatkan oleh orang yang mampu dan mau mengelola pertanian secara profesional.

Amat, salah seorang petani kelapa di Daik Lingga mengatakan, bukan tidak tertarik untuk membuka perkebunan merica. Akan tetapi, melihat banyaknya masyarakat yang berlomba – lomba menanam tanaman tersebut, ia lebih memilih untuk berkebun kelapa.

Saat ini harga kelapa tua yang mencapai Rp 5000 – Rp6000 per butirnya di warung – warung sering mengalami kelangkaan. Sehingga ia berinisiatif untuk menanam kelapa tersebut.

“Ketika bulan ramadhan ini lah kita disini (red, Lingga) biasanya kesulitan mencari buah kelapa, apalagi mau nyambut lebaran nanti, makanya saya mulai menanam kelapa walaupun agak lama berbuahnya,” kata dia, Ahad (04/05) belum lama ini.

Kemudian, dikatakan Amat, bukan hanya perkebunan kelapa, akan tetapi perkebunan pinang juga cukup menjanjikan saat ini. Terlebih lagi dengan berkembangnya zaman seperti saat ini sehingga meningkatnya pembangunan, budidaya tanaman pinang menjadi sulit untuk dikembangkan.

“Persediaan buah pinang menjadi menjadi terbatas. Kalau pinang ini yang bisa diperjualbelikan yaitu bibit serta buahnya,” kata dia.

Kemudian harga pinang di pasaran bentuknya juga bervariasi. Tergantung jenis pinang yang dijual oleh petani. Biasanya dalam satu pohon pinang mampu menghasilkan panen sekitar 20 kg biji setiap bulannya.

“Jika dalam satu hektar jumlah pinang berkisar 450-500 batang, maka rata-rata produksi pinang per hektar berkisar 400 kg biji pinang kering,” terangnya. (RUZI)

168 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>