Published On: Ming, Jul 9th, 2017
                            

Penyebab Mata Bengkak dan Berair

Img 0567.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dunia, KepriDays.com – Bengkak pada kelopak mata biasanya disebabkan karena inflamasi atau kelebihan cairan yang menyebabkan jaringan di sekitar mata terganggu. Ada beberapa hal yang menyebabkan mata bengkak dan berair, seperti infeksi, alergi dan luka. Anda tentu tidak dapat menganggapnya sepele, sebab mata bengkak dan berair dapat menjadi tanda-tanda penyakit serius seperti orbital cellulitis, gondokan hingga herpes pada mata.

Berikut, beberapa hal yang bisa menyebabkan mata bengkak dan berair dikutip dari Boldsky.

1. Kosmetik.

Produk kosmetik yang masuk ke mata dapat menyebabkan iritasi pada jaringan sekitar mata, itu sebabnya mata dapat mengalami pembengkakak dan berair. Hati-hati dalam menggunakan kosmetik, misalnya saat menyapukan serbuk perona mata, menggunakan maskara atau eyeliner.

2. Menangis.

Dalam hitungan menit, menangis dapat memecahkan pembuluh darah pada kelopak dan mata. Bayangkan berapa banyak pembuluh darah yang pecah saat Anda menangis berjam-jam? Hal tersebut dapat terjadi karena retensi (daya serap) cairan saat aliran darah di sekitar mata mengalami peningkatan tidak bekerja secara maksimal.

3. Alergi.

Alergi menyebabkan pembengkakan mata disertai dengan rasa gatal, mata merah dan berair. Debu, kotoran dan penyebab alergi lain dapat membuat mata iritasi sehingga menyebabkan reaksi alergi (pembengkakan mata).

4. Chalazion.

Benjolan pada kelopak mata ini terjadi akibat tidak berfungsinya kelenjar meimbom yang berada tepat d atas bulu mata. Kelenjar tersebut merupakan penghasil komponen lipid yang membuat lapisan luar mata selalu basah dan lembap guna menjaga bola mata agar tidak kering dan iritasi. Untuk menghilangkan bejolan tersebut cukup dengan mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat beberapa kali dalam sehari hingga mengempis.

5. Lelah.

Lelah dan sakit kepala ekstrem dapat menyebabkan kelopak mata terlihat sembap. Proses retensi (daya serap) air yang kurang maksimal pada malam sebelumnya memicu pembengkakan pada kelopak mata. Hal tersebut menyebabkan mata Anda terlihat membengkak keesokan harinya. (TIM REDAKSI)

159 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>