Published On: Ming, Okt 5th, 2014
                            

Pemko Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Upacara Kesaktian Pancasila.Foto: ERA
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melaksanakan upacara bendera merah putih, untuk memperingatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Rabu (1/10) kemarin.

Upacara yang langsung dipimpin oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah sebagai inspektur upacara, terlihat begitu hikmat dalam pelaksanaannya.

Lis sendiri mengatakan, bahwa Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia telah mempersatukan seluruh masyarakat secara utuh, karena Pancasila adalah sumber jati diri bangsa sekaligus pondasi negara Indonesia.

“Maka tak heran jika kesaktian Pancasila diperingati setiap tahunnya. Lima poin dalam Pancasila, bagian dari tatanan kehidupan bangsa Indonesia. Satu persatu sila dalam Pancasila menuntun setiap langkah kehidupan masyarakat Indonesia termasuk masalah korupsi,” terangnya.

Kemudian, Lis melanjutkan, korupsi bisa terjadi karena masyarakat Indonesia terlalu menikmati euphoria reformasi, sehingga secara perlahan mampu menepis pentingnya makna Pancasila sebagai roh dan semangat kehidupan kebangsaan.

“Khususnya pengamalan sila pertama, generasi muda saat ini kurang bisa memahami makna penting dari Pancasila, bahkan ada yang tidak hafal pancasila,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Lis mengingatkan, bahwa telah banyak fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, maka tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2014 ini adalah ‘Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi’ sangatlah tepat.

“Sebagai filsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera,” ucapnya.

Sementara itu, usai upacara Lis langsung menghimbau kepada seluruh pegawai yang hadir dalam upacara tersebut, agar berpartisipasi dalam kegiatan menyambut hari ulang tahun Kota Otonom Tanjungpinang yang akan diperingati tanggal 17 Oktober 2014 mendatang.

“Teknisnya akan dibahas didalam rapat nanti. Yang jelas akan ada pawai pembangunan serta lomba-lomba lainnya, kegiatan ini perdana dilakukan menjelang peringatan HUT Kota Otonom Tanjungpinang dan akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan menghapus kegiatan lain yang hanya seremonial saja,” paparnya. (ERA)

291 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>