Published On: Sen, Jun 6th, 2016
                            

Pemerintah Diminta Berikan Sanksi Tegas Terhadap TKA-B

Lokasi PT BAI. Foto : Syajarul
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bintan, KepriDays.com – Terkait ditemukan kecurangan perusahaan smelter bauksit PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) dalam mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok tanpa dokumen perizinan yang sah alias ilegal.

Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mendesak kepada jajaran terkait di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan untuk menjatuhkan sanksi tegas kepada PT tersebut sebagai pemasuk TKA Bermasalah (TKA-B).

“Kami minta kepada pemerintah untuk memberikan saksi terhadap PT BAI maupun Subcon yang sudah mempekerjakan TKA tanpa dokument, guna memberikan efek jera kepada perusahaan lain,” ucap Ketua FSPMI Bintan, Andi Sihaholo, Senin (06/06) belum lama ini.

Bahkan FSPMI tidak hanya meminta pemerintah memberikan sanksi tegas kepada perusahaan itu. Andi mengatakan, FSPMI juga mendesak agar kepada TKA yang bekerja secara ilegal di perusahaan segera dideportasi.

“Sebab ini dianggap melecehkan aturan yang sudah berlaku di Indonesia termasuk di Bintan tentang ketenagakerjaan. Saya berharap kepada jajaran terkait baik dari Disnaker Bintan, Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah Bintan serta pihak Imigrasi melakukan evaluasi kerja terutama dalam pengawasan,” ucap Andi.

Sementara diketahui sebelumnya, Disnaker Bintan telah melakukan sidak ke PT BAI, Desa Galang Batang Kecamatan Gunungkijang, dan didapati delapan orang TKA yang tidak melengkapi dokumen yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Menurut Kepala Disnaken Bintan, Hasfarizal Hendra, untuk memperketat pengawasan TKA seiring dibelakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Perpres Nomor 21 Tahun 2016 tentang bebas Visa 169 Negara, pihaknya melakukan sidak kebeberapa perusahaan yang ada dikawasan Bintan.

“Kami sudah melakukan sidak di PT BAI, dan didapati perusahaan Subkon yang mempekerjakan TKA tanpa melengkapi dokumen identitas kerja,” ucap Hasfarizal. (S.RUSYDY)

289 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.