Published On: Jum, Mei 19th, 2017
                            

Pemerintah Diharap Perjuangkan SMRS III jadi Pahlawan Nasional

Img 0506.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lingga, KepriDays.com – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Lingga berharap para pejabat besar yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang berada di Pemerintah Pusat dapat membantu perjuangkan Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) III dari Kerajaan Lingga – Riau – Johor – Pahang sebagai pahlawan nasional RI.

Menurut Kepala Disbud Kabupaten Lingga Muhammad Ishak, dokumen pengusulan Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) sebagai pahlawan nasional secara resmi telah disampaikan Pemprov Kepri melalui Kepala Dinas Sosial pada tanggal 21 April 2017 lalu.

Artinya, lanjut Ishak, provinsi tidak telat karena batas terakhir dokumen pengusulan Sultan Mahmud ke Kementerian Sosial RI yakni pada 31 April 2017 lalu.

“Nah, sekarang tentu kita di Kemensos akan menyerahkan kepada tim penilaian nasional itu yang berjumlah 13 orang. Saya tidak tahu apakah sedang berlangsung atau tidak. Tapi, kami yakin tim dari kementerian dan tim dari penilaian nasional itu sudah mulai bekerja. Kan panjang waktunya itu, tanggal 10 November baru di umumkan status sebagai pahlawan nasional itu,” terang Ishak, Jum’at (19/05).

Selain itu, dirinya juga berharap, dengan disampaikannya dokumen tersebut kepada kementerian, mungkin secara administrasi sudah terpenuhi. Namun, secara politik perlu perjuangan yang cukup.

“Ini peran dari Bapak Gubernur, tokoh kita yang berada di Jakarta seperti Nyat Kadir, kemudian Asman Abnur. Mudah – mudahan beliau itu ikut membantu memperjuangkan baik secara pemerintahan ataupun politis,” harapnya.

Sementara dari kekurangan – kekurangan yang telah dilakukan sejak tahun 2013, kali ini semuanya sudah dipenuhi. Sehingga, Ishak sangat berharap SMRS dapat meraih gelar sebagai pahlawan nasional RI dari Kepri khusunya Lingga.

Sebab sebagaimana diketahui, SMRS III adalah tokoh pertama yang diusulkan menjadi pahlawan nasional dari Provinsi Kepri. Meski digagas dari Kabupaten Lingga, namun hal ini adalah pekerjaan bersama pemerintah provinsi dan menjadi tanggung jawab seluruh wilayah Kepri.

Pasalnya pada tahun 2013 lalu merupakan kali pertama Pemkab Lingga melakukan pengusulan Sultan Mahmud sebagai pahlawan nasional. Namun, hal itu sempat gagal dan pada tahun 2016, Pemkab Lingga kembali mengusulkan ketokohan Sultan Mahmud III (1878-1812) untuk menjadi salah satu pahlawan nasional. (RUZI)

1,184 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>