Published On: Jum, Apr 10th, 2015
                            

Pelabuhan SBP Bisa Dikelola Pemkot Tanjungpinang

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepri, Iskandarsyah. Foto : Ado
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Pelabuhan Sri Binta Pura (SBP) Kota Tanjungpinang yang dikelola oleh PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) bisa saja dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang melalui Badan Perusahan Pelabuhan.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komis II DPRD Provinsi Kepri, Iskandarsyah, kepada sejumlah pewarta usai kegiatan JSIT. “Saya sarankan Pemkot buat badan perusahaan pelabuhan agar ada pemasukan untuk Tanjungpinang,” ucapnya, Jum’at (10/04) siang.

Pasalnya, lanjut Iskandarsyah, dirinya menilai selama ini Pelindo tidak ada membuat perubahan-perubahan yang baik untuk pelabuhan SBP Kota Tanjungpinang.

“Kita ambil alih saja pelabuhan, yang terpentingkan disitukan Kesyahbandaran, Pelindo kan hanya jaga pintu,” ucapnya.

Iskandar juga menjelaskan, ada aturan hukum juga untuk Pemkot Tanjungpinang bisa mengelola pelabuhan berdasarkan
Undang-Undang nomor 17 mengenai pelayaran tahun 2008, yakni, tidak ada lagi dominasi Pelindo, orang daerah juga berhak mengelola pelabuhan.

“Kalau hanya menjadi juru parkir dan jaga tiket masyarakat juga bisa. Bahkan tempat sholat saja gak ada, padahal kita bayar, duitnya mau perbaikkan tidak mau, sama saja bergaya seperti ‘preman’,” ucapnya sambil ‘berang’ atau marah.

Sementara menanggapi hal tersebut, Dirut PT. Pelindo cabang Kota Tanjungpinang, Ashari mengatakan, setahu dirinya masalah pengambilalihan tergantung kebijakan pemilik perusahaan Pelindo, yaitu, Kementerian BUMN, karena sahamnya 100 persen milik negara sehingga kalaupun Pemkot berencana mengambil alih, maka harus dibicarakan dengan pemerintah pusat.

“Tetapi saya punya saran sebaiknya Pemda mengawinkan Pelindo dengan Badan Usaha Pelabuhanan dalam bentuk usaha, kalau lebih panjang lagi Pemda menanamkan saham ke Pelindo 1 atau 2 persen sehingga Pemda memiliki saham dan mendapatkan PAD tersendiri,” ungkapnya. (ADO)

190 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>