Published On: Jum, Nov 13th, 2015
                            

PC Pertama di Dunia Laku dengan Harga Fantastis

Kenbak, personal komputer pertama didunia. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kenbak-1 adalah Personal Computer (PC) pertama buatan tahun 1971 di dunia. Dan baru-baru ini, satu dari 10 Kenbak-1 yang ‘selamat’ telah berhasil dijual dengan harga fantastis atau tidak masuk akal.

Kenbak-1 dengan nomor seri 0185 dilelang oleh Auction Team Breker pada 7 November lalu. Hasilnya, komputer ini laku dengan harga USD 36.500 atau sekitar Rp 495 jutaan, seperti dikutip dari Gizmag.

The-Kenbak 1 merupakan karya dari insinyur komputer John Blankenbaker yang juga pendiri perusahaan Kenbak Corporation di Los Angeles tahun 1971. Awalnya perangkat ini diciptakan sebagai komputer terjangkau bagi sekolah untuk memberikan para siswa pemrograman.

Ukuran Kenbak-1 cukup besar, setengah meter lebih, dengan berat 6.3 kilogram. Wadah Kenbak-1 berbentuk poligonal berbahan baja. Mengingat komputer ini muncul sebelum adanya teknologi mikro prosesor, motherboard yang digunakan jauh berbeda dari komputer saat ini.

Oleh karena itu, tidak sedikit yang menyebutnya bukan komputer. Secara spesifikasi, Kenbak-1 termasuk komputer 8-bit dengan memori 256 byte dan hanya bisa melakukan pemrosesan data di bawah 1.000 perintah per detik. Di tahun 1971, harga komputer ini sekitar USD 750.

Sayangnya penjualan Kenbak-1 tidak sesuai yang diharapkan, sehingga akhirnya hanya sekitar 40 unit yang berhasil diproduksi antara tahun 1971 dan 1973. Menurut Blankenbaker, kegagalan Kenbak-1 akibat pemasarannya yang fokus ke sekolah bukan fans komputer dan pemrograman. (TIM REDAKSI)

238 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>