Published On: Ming, Jun 28th, 2015
                            

Pancasila Sumber Pengetahuan dan Moral

pancasila. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Menurut Pengajar Muda Komunitas Bakti Bangsa (KBB), Hartinah Dhika Restu, Pancasila tidak hanya menjadi dasar dalam membuat peraturan perundang-undangan, melainkan sebagai sumber ilmu pengetahuan dan pembangunan moral.

“Pancasila melainkan juga sebagai sumber moralitas, terutama dalam hubungan dengan legistimasi kekuasaan, hukum, serta berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan negara,” katanya, Sabtu (27/06) pagi di Aula Asrama Haji Tanjungpinang.

Selain itu, Dhika menjelaskan, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila telah teruji, baik untuk dijadikan sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Jika seluruh elemen masyarakat menjalankan pesan moral yang terkandung dalam Pancasila, diyakini Indonesia akan lebih maju. Namun dalam perjalanannya, ancaman terhadap eksistensi Pancasila masih terjadi,” ucapnya.

Bahkan dirinya sebagai generasi muda, ingin selalu mempertahankan Pancasila dari berbagai upaya yang dilakukan sejumlah kelompok untuk mengganti dasar negara tersebut.

“Sebagai generasi penerus bangsa, sudah seharusnya kita mempertahankan Pancasila, dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Sebab Pancasila mengandung berbagai makna kehidupan berbangsa dan bernegara, yang harus selalu dipertahankan selamanya di Indonesia,” ungkap dia. (RNN)

384 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>