Published On: Kam, Okt 6th, 2016
                            

Padang Lamun Bintan Terancam Punah

padang-lamun. Foto : Syajarul
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bintan, KepriDays.com – Maraknya aktivitas pencari ikan dan pembangunan, membuat keberadaan Padang Lamun atau Rumput Laut terancam punah didaerah Kabupaten Bintan.

Bahkan untuk tetap melestarikan dan menjaga keberadaan Lamun, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bintan telah menetapkan empat zonasi konservasi Padang Lamun di perairan Kabupaten Bintan.

Menurut Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KPPD) DKP Bintan, Syarvuddint Alustco, bahwa perairan yang sudah ditetapkan sebagai zonasi konservasi yaitu perairan Teluk Bakau, Tanjung Berakit, Mapur dan Tambelan.

“Zonasi-zonasi konservasi itu dibentuk untuk mengatur atau menyeimbangkan antara laju pemanfaatan dan laju pelestarian. Dengan cara itu, sumber daya alam bawah laut tersebut selalu terjaga karena keberadaannya dilindungi,” terangnya, Kamis (6/10).

Sedangkan untuk menetapkan zonasi konservasi tersebut, kata dia, dengan dilakukan melalui Program Coral Reef Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative (Core map-CTI).

Program yang didanai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu, bisa memberikan perhatian khusus keberlangsungan kehidupan Lamun.

“Jadi dengan adanya zonasi-zonasi konservasi, DKP akan berfokus untuk merawat dan menjaga kawasan konservasi Padang Lamun,” timpalnya. (CR13)

641 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>