Published On: Kam, Jul 6th, 2017
                            

Nokia dan Xiaomi Sepakati Lisensi Silang Hak Paten

Img 0522 6.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dunia, KepriDays.com – Produsen peralatan jaringan telekomunikasi, Nokia, dan produsen smartphone Cina, Xiaomi Technology, telah menandatangani kesepakatan lisensi hak paten pada hari Rabu, 5 Juli 2017.

Kedua perusahaan tidak memberikan rincian keuangan dari kesepakatan tersebut, namun mengatakan kesepakatan tersebut mencakup lisensi silang untuk paten standar seluler masing-masing perusahaan.

Nokia juga akan menyediakan peralatan infrastruktur jaringan untuk Xiaomi. “Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone terkemuka di dunia dan kami senang telah mencapai kesepakatan dengan mereka,” ujar CEO Nokia, Rajeev Suri, dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters.

Nokia memiliki kesepakatan lisensi dengan produsen smartphone terkemuka Apple dan Samsung Electronics, namun kesepakatan dengan Xiaomi merupakan yang pertama terjadi antara perusahaan Finlandia dengan sebuah produsen ponsel Cina.

“Secara finansial, saya tidak menganggap sangat mendasar bagi Nokia, tapi ini merupakan awal yang baik untuk negosiasi dengan produsen Cina lainnya,” kata analis OP Equities Hannu Rauhala.

Pendapatan paten merupakan sebagian kecil dari pendapatan total Nokia, di mana lebih dari 90 persennya berasal dari peralatan jaringan telekomunikasi. Tapi pembayaran lisensi sangat menguntungkan dan bisnis jaringan mengalami kemerosotan.

Nokia membangun katalog patennya ketika perusahaan tersebut mendominasi bisnis telepon seluler. Paten ini mencakup teknologi seperti mengurangi kebutuhan akan komponen perangkat keras di telepon, menghemat baterai dan meningkatkan penerimaan radio. (RNN)

138 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>