Published On: Rab, Mei 14th, 2014
                            

Musim Hujan, Dinkes Minta Masyarakat Waspadai DBD

Kadis Dinkes Kota Tanjungpinang, Rustam. Foto: Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Pengaruh cuaca yang tidak stabil, seperti, hujan yang berlarut dan panas yang silih berganti dengan hujan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang meminta kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang, untuk mewaspadai Demam Berdarah Dungeon (DBD).

Sebab musim hujan yang bertemu dengan matahari sangat mudah untuk menetaskan telur nyamuk yang ada disetiap genangan air. Bahkan, telur nyamuk yang berada digenangan air bisa bertahan berhari-hari digenangan air walaupun belum berjumpa sinar matahari untuk menetas.

“Saya minta masyarakat mewaspadai DBD ini, karena sekarang saja yang sudah terkena DBD ada sekitar 55 orang terhitung dari Januari hingga Mei 2014,” kata Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang, Rustam, Rabu (14/3) saat diwawancarai KepriDays.com.

Selain itu, Rustam menjelaskan, pihaknya juga akan menggelar rapat koordinasi bersama Kelurahan, RW, RT, serta masyarakat untuk mewaspadai DBD tersebut. Karena mengingat pada tahun 2012 di Tanjungpinang ada 331 kasus DBD, tahun 2013 ada 168 kasus, maka Dinkes Kota Tanjungpinang berinisiatif untuk terus menekan kasus DBD yang terjadi sekarang ini.

“Insya Allah besok, kami akan gelar penyuluhan ke warga Perumahan Hangtuah, Bumi raya dan Ganet. Karena didaerah Kelurahan Pinang Kencana terdapat paling bnyak terkena DBD dari daerah lain, namun bukan berarti daerah lain tidak juga, kami akan tetap menjaga dan menggelar penyuluhan kesana,” ujarnya.

Sedangkan, kata Rustam, tempat yang berpotensi untuk menjadi sarang nyamuk, yakni, bisa di Dispenser, Talang air dan di air tergenang. Untuk rata-rata yang terserang DBD kebanyakan anak-anak, namun ada juga orang dewasa yang terkena DBD.

“Maka setelah penyuluhan besok kami juga akan membagikan Abate gratis disana, jika masih kekurangan Abate juga, warga bisa meminta ke Puskemas dan Dinkes secara gratis tidak dipungut biaya,” ungkapnya. (RNN)

235 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>