Published On: Kam, Jun 15th, 2017
                            

Masyarakat Lingga Bangun Pintu Gerbang Sambut Malam 7 Likur

Img 0261.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lingga, KepriDays.com – Tradisi menghiasi malam ke 10 terakhir bulan Ramadhan mulai dipersiapkan warga Daik Kabupaten Lingga.

Terlihat pada sudut-sudut kampung, pada saat malam hari para pemuda disibukkan membangun pintu gerbang Tujuh Likur (Malam ke 27 Ramadhan) yang merupakan tradisi turun temurun warga Daik.

Lazimnya, pintu gerbang yang dibangun berbentuk masjid lengkap dengan ornamen-ornamen islam lainnya, seperti, kubah, bulan bintang dan tentunya seni kaligrafi dan motif-motif melayu yang akan menjadi hiasan utamanya.

“Karena kita sudah dari kecil ikut orang-orang tua buat pintu gerbang, rasanya kurang kalau Ramadhan seperti ini tradisi tujuh likur kita tanpa pintu gerbang,” ungkap Firdaus salah seorang warga, Kamis (15/06).

Meski Daik kini telah banyak yang berubah, pembangunan yang semakin dirasakan warga namun untuk soal tradisi menurutnya harus terus mengalir menyesuaikan zamannya.

Kemudian ditambah lagi Daik sebagai pusat kebudayaan melayu yang masih bertahan harus tetap mempertahankan identitas kemelayuannya di Kepulauan Riau yang semakin hari semakin memudar.

“Bulan Ramadhan ini jadi momentum berkumpul bersama kawan-kawan muda, berkreatifitas, melestarikan lagi seni kaligrafi orang melayu. Bersama-sama bergotong royong, semoga tradisi ini akan terus bertahan. Selama masih banyak yang menyukai tradisi tujuh likur, selama itu juga tradisi ini akan lestari,” tuturnya.

Sedangkan Arpa warga lainnya mengatakan, tradisi ini layaknya pameran karya seni rupa. Dimana space publik yakni jalan umum di respon dengan arsitektur islami.

“Bagus sekali tradisi seperti ini, sangat positif. Masing-masing kampung ikut berpartisipasi secara swadaya, berkerja bersama-sama, berkreatifitas dan menjadi ajang kreasi,” ungkapnya. (RUZI)

99 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>