Published On: Rab, Mei 4th, 2016
                            

Manfaat Ganja untuk Kesehatan

ilustrasi jantung sehat. Foto : Ist/Net
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Apa yang terbesit dalam benak Anda ketika mendengar kata ganja. Haram, narkotika, atau bahkan terserang gangguan otak. Itulah berbagai dugaan sebagian masyarakat yang ditujukan pada tumbuhan pada tumbuhan ini.

Ya, ganja merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh subur di iklim tropis. “Tanaman ini sama seperti tanaman lainnya, jahe, cabai, pepaya,” ujar Inang Winarso, Direktur Eksekutif Yayasan Sativa Nusantara di bilangan Tebet beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan dugaan-dugaan tersebut hanyalah mitos yang tidak memiliki bukti ilmiah. Faktanya, ia melanjutkan, ganja memiliki banyak manfaat terutama bagi penyembuhan penyakit degeneratif salah satunya adalah diabetes yang saat ini sedang dikembangkan dan didukung oleh Kementrian Kesehatan.

Ganja atau Cannabies mengandung kanabinoid. “Ini merupakan zat aktif yang menyerupai zat dalam tubuh manusia sehingga zat ini mudah diserap oleh tubuh,” terang Inang.

Ia melanjutkan, kanabinoid bisa mengembalikan atau meregenerasi metabolisme tubuh yang terganggu.

“Namun, zat ini hanya untuk penyakit-penyakit degeneratif saja seperti diabetes, kanker paru-paru, kanker payudara, penyakit ginjal, kanker getah bening bahkan epilepsi,” katanya.

Sementara, ia juga mengatakan, ganja berbeda dengan obat kimiawi, zat dalam tumbuhan ganja yang dipergunakan untuk obat-obatan tidak memiliki efek samping yang berlebihan asalkan digunakan dengan bijaksana.

Untuk kebutuhan medis, Inang menyebutkan bahwa tak ada tanaman yang selengkap tanaman ganja. “Omega 3 salmon saja kalah dengan tumbuhan ini. Saya sudah baca riset dari ratusan jurnal ilmiah, bukan jurnal biasa,” ungkap dia.

Sejak 2013, Yayasan Sativa Nusantara telah mendapat izin untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat ganja untuk kebutuhan medis khususnya untuk mengobati diabetes.

“Kemenkes mengizinkan kami melakukan penelitian di salah satu laboratorium yang terletak di Tawangmangu,” jelasnya. (TIM REDAKSI)

257 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>