Published On: Ming, Feb 1st, 2015
                            

Makanan Ini Cegah Peradangan Tubuh

ilutrasi peradangan tubuh. Foto : Ist
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Baltimore, KepriDays.com – Jahe, kacang-kacangan, lemak ikan, dan biji-bijian merupakan sebagian dari banyak makanan yang disebut-sebut memiliki sifat antiinflamasi atau anti-peradangan. Namun bagaimana mereka bekerja?

Para ahli sepakat bahwa kandungan pada beberapa makanan memang dapat mencegah peradangan dalam tubuh. Namun, menurut mereka, meningkatkan konsumsi salah satu jenis makanan juga tak terlalu berefek pada kesehatan seseorang.

Dalam beberapa studi, para ilmuwan mengungkap apa saja makanan yang dapat mencegah peradangan. Di dalam Journal Nutrition, misalnya, para ilmuwan menemukan khasiat biji rami yang dapat menurunkan gejala inflamasi saat dikonsumsi selama 42 hari.

“Selain studi tersebut, ada banyak studi lain,” kata Kristin Kirkpatrick, pakar diet, di Klinik Cleaveland, seperti dikutip Livescience, Ahad (01/02) beberapa waktu lalu.

Dalam jurnal Cancer Prevention Research edisi Oktober 2011, ujar Kirkpatrick, para peneliti mengulas soal khasiat jahe yang dapat mengurangi peradangan usus. Contoh lain terdapat dalam Journal of Biological Chemistry. Dalam jurnal itu disebutkan curcuma, senyawa utama dalam kunyit, bisa membantu menekan mekanisme biologis yang menyebabkan peradangan di tendon.

Hanya saja, tutur Kirkpatrick, semua jenis makanan harus dikonsumsi bersamaan. Tujuannya, kata dia, meningkatkan kesehatan secara umum.

Selain itu, dia juga mengatakan, soal suplemen makanan. Menurut Kirkpatrick, suplemen hanya membantu proses penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh. “Bukan mencegah inflamasi.”

Di lain tempat, Monica Aggarwal, pakar jantung dan anggota Heart Center di Mercy Medical Centre, Baltimore, mendukung pernyataan Kirkpatrick. “Ada begitu banyak makanan yang mampu mencegah peradangan dalam tubuh,” ujarnya. “Jangan hanya konsumsi satu.”

Dia menyebutkan beberapa contohnya, yakni tomat, jambu biji, paprika, wortel, dan bayam. “Semuanya mengandung lycopene dan karotenoid yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.”

Sebaliknya, Aggarwal merekomendasikan mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan. Di antaranya adalah daging, telur, susu, dan makanan olahan dengan bahan pengawet. (TIM REDAKSI)

278 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>